Fitur Terbaru WhatsApp Satu Akun di Dua HP Diuji Coba

CNN Indonesia | Selasa, 09/06/2020 10:12 WIB
Ilustrasi Whatsapp Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu fitur baru WhatsApp yaitu satu akun bisa digunakan pada dua perangkat handphone (hp) yang berbeda disebut tengah diuji coba dan akan segera dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Kabar itu dicuitkan oleh akun Twitter WABetaInfo yang sering memberikan bocoran terkait fitur-fitur terbaru layanan pesan instan itu.

"Mulai sekarang, WhatsApp secara internal memulai beberapa tes penting untuk fitur multi-perangkat," cuit @WABetaInfo pada 3 Juni 2020.

"Ini belum tersedia dan belum ada tanggal rilis. Bisa jadi dua bulan ke depan, empat bulan, enam bulan.. namun sangat positif bahwa mereka (tim WhatsApp) sudah mulai mengujinya secara keseluruhan," sambungnya.




Fitur baru ini sudah dimasukkan ke pembaruan Google Play Beta dan baru bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp Beta lewat pembaruan WhatsApp 2.20.143.



Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo pada 2 April 2020 lalu di akun Twitter mereka, pengguna mesti memindai kode QR supaya bisa menggunakan akun yang sama di perangkat kedua.

Sebelumnya, pemindai QR dilakukan jika pengguna ingin menggunakan WhatsApp Web di desktop atau laptop. Namun WhatsApp menambahkan keterangan bahwa kode QR itu bisa digunakan untuk membuka aplikasi di perangkat lain.

Fitur multi perangkat atau bisa juga disebut Support for Multiple Devices sebetulnya sudah dikembangkan WhatsApp sejak tahun lalu.

Fitur ini disebut paling ditunggu oleh miliaran pengguna karena pengguna kerap memiliki banyak perangkat dan mereka ingin menggunakan akun WhatsApp yang sama.

Beberapa waktu lalu WhatsApp resmi menghadirkan fitur baru untuk tahun 2020 ini yaitu mode gelap (dark mode) untuk semua perangkat Android dan Ios (iPhone).
Dark mode WhatsApp tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam, malah warna abu-abu gelap. Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil uji coba, penggunaan warna hitam pekat dan putih bisa menyebabkan kelelahan mata.

Agar bisa mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan IOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru. Di IOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30 sementara Android, versi teranyar adalah 2.20.69.

Bagi pengguna Android 10 dan IOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem. (din/eks)

[Gambas:Video CNN]