Spesifikasi dan Fakta Kapal Perang Antirudal Milik Rusia

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Kamis, 11/06/2020 13:24 WIB
Kapal Rusia Ilustrasi 22350 Admiral Flota Kasatonov. (Foto: Kementerian Pertahanan Federasi Rusia via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia mengenalkan kapal perang 22350 Admiral Flota Kasatonov beberapa waktu lalu. Kapal berukuran besar yang disiapkan untuk mempertahankan perairan Rusia ini dilengkapi teknologi antirudal.

Menjelang pelucurannya, kapal ini wajib menyelesaikan uji coba terakhir di Laut Baltik. Uji coba termasuk operasi sistem senjata dan seluruh spesifikasi kapal. Pengujian termasuk interaksi dengan kapal selam dan pesawat, serta latihan penyelamatan dan spesifikasi.

Kapal perang Rusia 22350 Admiral Flota Kasatonov dibekali dengan teknologi siluman yang membuat konstruksi kapal agar sulit dideteksi radar. Hal ini sangat berguna ketika kapan menghadapi perang di laut dilansir dari Naval Technology.


RusNavy menjelaskan Kapal 22350 Admiral Flota Kasatonov memiliki panjang 135 meter dan lebar (beam) 16 meter. Berat kapal total pada saat garis air penuh (displacement) adalah 4.500 ton hingga 5.400 ton dalam muatan penuh.

Dari sisi mesin, kapal mampu menampung hingga 210 orang.

Kapal dibekali dengan Combined Gas-Anda Gas (COGAG) yang membuat kapal mampu mencapai kecepatan maksimal 29,5 knot atau 54,6 km per jam. Kapal diklaim mampu menjangkau 7 km dalam satu kali misi.

Untuk perbekalan perang di laut, kapal dibekali dengan berbagai senjata mulai dari 1x 130 mm Amethyst/Arsenal A-192M naval gun, 2 x 8 UKSK VLS cells rudal, 2 × 16 Redut VLS cells for 9M96 rudal udara, 2 × Kashtan CIWS, 2 × 4 330 mm torpedo antikapal selam, dan 2 × 14.5 mm MTPU pedestal machine guns.

Fakta kapal perang 22350 Admiral Flota Kasatonov

22350 Admiral Flota Kasatonov akan segera ditugaskan ke Angkatan Laut Rusia.

Selama uji coba di Laut Baltik, seluruh spesifikasi fregat dan sistem senjata telah diuji. Pengujian termasuk interaksi dengan kapal selam dan pesawat, bersamaan dengan latihan penyelamatan dan evakuasi.

Dilansir dari berbagai sumber, CNNIndonesia.com akan merangkum beberapa fakta soal kapal Admiral Flota Kasatonov.

1. Kapal kedua dari kelas fregat Admiral Gorshkov

Kapal Admiral Kasatonov merupakan kapal kelas fregat Admiral Gorshkov. Kapal ini merupakan kapal kedua di kelas tersebut.

Kapal pertama (lead ship) dalam kapal kelas fregat Admiral Gorshkov adalah Kapal Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Gorshkov yang ditugaskan pada 2018 lalu.

Sejauh ini, Rusia telah memesan enam kapal kelas fregat Admiral Gorshkov hingga 2025. Rusia dikabarkan merencanakan pemesanan total hingga 15 kapal.

2. Dibekali teknologi siluman

Kapal perang Rusia 22350 Admiral Kasatonov dibekali dengan teknologi siluman yang memberikan radar yang tidak terlihat selama peperangan di zona laut jauh.

Dilansir dari Naval Technology, kapal dilengkapi dengan teknologi siluman yang membuat konstruksi kapal agar sulit dideteksi.

3. Kapal multifungsi

Kapal perang Rusia 22350 Admiral Kasatonov adalah kapal bisa digunakan untuk berbagai misi militer. Mulai dari operasi perairan biru, memburu musuh, hingga serangan langsung.

Kapal didesain sebagai angkatan laut perairan biru yang mampu beroperasi di perairan dalam terbuka. Kapal mampu mendukung operasi perairan biru karena berperan sebagai kapal anti kapal selam dan kapal anti kapal permukaan.

4. Nama kapal berdasarkan nama pahlawan Uni Soviet

Kapal perang 22350 Admiral Kasatonov dinamakan berdasarkan pahlawan nasional Uni Soviet, Vladimir Afanasyevich Kasatonov. Ia merupakan pemimpin militer Uni Soviet sekaligus Laksamana yang bertempur di Perang Dunia Kedua.

5. Kapasitas angkut

Untuk mengoperasikan Kasatonov diperlukan 210 orang kru. Kapal ini juga bisa mengangkut dua helikopter. Satu untuk ditaruh di hangar kapal dan satu ditempatkan di helipad di atas kapal, seperti ditulis Military Factory.

6. Persenjataan

Kapal ini dilengkapi dengan persenjataan meriam utama "Amethyst" / "Arsenal" 1 x 130mm A-192M. Beberapa Vertical Launch Systems (VLS) yang berisi rudal jelajah udara-ke-permukaan, rudal anti-kapal, dan misil untuk serangan darat.

Dilengkapi juga dengan 2 senjata pertahanan jarak dekat sistem Kashtan, 2 x 14,5mm MTPU Heavy Machine Guns (HMGs) untuk pertahanan pada jarak target yang lebih dekat dari kemampuan unit Kashtan.

Selain itu, kapal juga memiliki peluncur torpedo 330mm dengan komposisi kembar empat. Torpedo ini bisa digunakan untuk pertahanan dari serangan di atas air dan di bawahnya. (jnp/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK