Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

CNN Indonesia | Jumat, 12/06/2020 15:51 WIB
Logo aplikasi WhatsApp t pada sistem operasi IOS Iphone, Jakarta. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono. Ilustrasi. Whatsapp sedang uji enam fitur baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan perpesanan instan, WhatsApp dilaporkan sedang menguji coba enam fitur baru yang diperuntukkan untuk pengguna perangkat Android maupun iOS.

Keenam fitur tersebut diumumkan oleh WABetaInfo yang sering mengungkap fitur-fitur baru WhatsApp dan yang sedang diuji coba.

Sayangnya, kapasitas pengguna IOS yang ingin mencoba fitur-fitur tersebut telah ditutup.


"WhatsApp Messenger beta 2.20.70.20 untuk iOS sekarang tersedia untuk pengujian. Program beta saat ini ditutup," cuit @WABetaInfo lewat akun Twitter mereka.

Sementara untuk pengguna Android, pembaruan WhatsApp versi beta telah dimasukkan ke Google Play Beta dan bisa digunakan lewat pembaruan WhatsApp 2.20.143.

Berikut enam fitur WhatsApp yang sedang diuji coba:

1. Fitur cari pesan

Whatsapp tengah menguji pencarian pesan berdasarkan tanggal pesan dikirim.

Mengutip WA Beta Info, fitur Search akan berbentuk ikon kalender yang disematkan di dalam obrolan dan ditempatkan di pojok kanan bawah.

Setelah ikon Kalender muncul, pengguna bisa memilih tanggal ketika pesan dikirimkan. Fitur Search saat ini hanya dapat mencari kata kunci.

Faktanya fitur Search ini sudah lebih dulu disematkan di Telegram, aplikasi chatting buatan Rusia, seperti dilansir Explica.

Namun penempatan ikon Kalender agak sedikit berbeda, jika di Telegram, ikon ditempatkan di pojok kiri bawah sedangkan di WhatsApp, ikon ada di pojok kanan bawah.

2. Mengelola penyimpanan

Whatsapp juga disebut tengah menguji fitur untuk mengelola obrolan dan menyortir file yang ada di fitur Storage Usage.

Miliaran pengguna WhatsApp nantinya akan melihat file mana yang memiliki ukuran besar dan file hasil forward (diteruskan).

WA Beta Info menyebut di dalam fitur Storage Usage, WhatsApp menambahkan filter baru yaitu Sort (Sortir). Saat pengguna mengetuk opsi ini, maka akan disajikan pilihan file seperti Newest (Terbaru), Oldest (Terlama), dan by Size (Berdasarkan Ukuran). 

Sebelumnya, ada cara untuk melacak obrolan mana yang menggunakan sebagian besar ruang penyimpanan dan menyedot data internet pengguna, seperti dikutip India Today. Berikut langkah-langkahnya: 

-  Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas
- Klik opsi Settings (Pengaturan) dan pilih Data and Storage Usage (Penggunaan dan Penyimpanan Data)
- Lalu pilih Storage Usage (Penyimpanan Data)

3. Mode gelap

WhatsApp dikabarkan bakal merubah warna gelembung percakapan saat mode gelap (dark mode) diaktifkan.

Saat ini, gelembung percakapan pesan masuk dengan mode gelap versi WhatsApp 2.20.189 untuk perangkat Android masih berwana hitam keabu-abuan sementara untuk pesan yang dikirimkan berwarna hijau gelap.

Nantinya setelah pembaruan telah diimplementasikan, gelembung percakapan pesan masuk dan dikirimkan akan terlihat agak cerah, seperti dikutip dari WA Beta Info.

4. Fitur meneruskan gambar

Bagi pengguna WhatsApp di perangkat iOS, Whatsapp juga akan menambahkan fitur baru yang akan memberi tanda pada gambar yang telah diteruskan (forward) lebih dari empat kali.

WA Beta Info menulis, nantinya, akan muncul notifikasi, "Would you like to search this on the web? This will upload the message to Google" atau "Apakah Anda ingin mencari ini di web? Ini akan mengunggah pesan ke Google." 

Notifikasi ini muncul ketika pengguna akan meneruskan kembali gambar yang sudah berulangkali diteruskan itu.

5. Integrasi dengan ShareChat

Menurut WABetaInfo, ShareChat sebetulnya jejaring sosial buatan India yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai jenis konten seperti foto dan video.

WhatsApp memutuskan untuk mengintegrasikan pemutar khusus untuk video yang dihosting di ShareChat.

Nantinya, ketika fitur sudah tersedia, miliaran pengguna WhatsApp dapat membagikan tautan video yang ada di ShareChat.

6. Fitur menghapus pesan

WhatsApp uji coba opsi Clear (Hapus) kecuali pesan yang telah ditandai bintang. Saat ini WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba opsi Clear (Hapus) untuk menghapus pesan di dalam obrolan kecuali pesan yang telah ditandai ikon bintang atau bisa juga disebut Starred Message.

Opsi ini baru dikembangkan untuk perangkat iOS namun segera diboyong juga ke Android.

"Seperti namanya, Anda akan dapat menghapus beberapa jenis pesan kecuali pesan yang Anda pertahankan lewat fitur Starred Message. Langkah yang bagus," tulis WABetaInfo(din/eks)

[Gambas:Video CNN]