Mengenal Tiga Fitur Baru di WhatsApp Web

CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2020 06:59 WIB
Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir Makki Ilustrasi Whatsapp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan pesan instan, WhatsApp dikabarkan tengah merampungkan tiga fitur baru untuk disematkan di WhatsApp Web. Fitur tersebut adalah dark theme (tema gelap), Voice and Video Calls, dan Search Image.

Menurut laporan tim WABetaInfo, pada pembaruan versi WhatsApp Web 2.2025.5 saat dijalankan menggunakan perangkat Mac iOS, mereka menemukan bahwa fungsi mode gelap ini disediakan oleh perusahaan meskipun belum dirilis secara masif.

"Kami telah menyajikan Tema Gelap untuk WhatsApp Web/Desktop di artikel sebelumnya. Kami baru-baru ini menunjukkan hasil terbaru mereka untuk pengembangan dan dengan seksama memperhatikan bahwa fitur Tema Gelap sudah siap tetapi belum ada kabar kapan akan dirilis," tulis WABetaInfo.

Warna yang ditampilkan fitur ini terlihat menggunakan warna hitam pekat, tetapi warna bubble pada percakapan diberi unsur abu-abu kehijauan.

WABetaInfo pun membagikan tips jika ada pengguna yang tidak sabar untuk menjajal fitur dark theme ini. Caranya:

1.Buka laman resmi WhatsApp Web.

2.Pindai kode QR.

3.Klik kanan mouse di luar obrolan dan ketuk 'Inspect'.

4.Setelah itu pengguna bakal ditampilkan kode halaman. Gulir ke bagian atas kode dan cari kalimat 'body class ='web'.

5.'Web' di sini merupakan tema yang saat ini digunakan lalu ganti dengan "web dark".

6.Lalu klik 'Enter'
.

Sebelumnya, WhatsApp telah merilis fitur yang sama untuk perangkat ponsel Android dan iOS beberapa waktu lalu.


Tema gelap WhatsApp di perangkat ponsel tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam, malah warna abu-abu gelap. Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil uji coba, penggunaan warna hitam pekat dan putih bisa menyebabkan kelelahan mata.

Fitur lain ialah Voice and Video Calls atau Panggilan Suara dan Video. Kemudian, fitur ini juga bakal memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan grup di WhatsApp Web.

Sama halnya dengan dark mode, fitur Voice and Video Calls masih di tahap pengembangan.


Yang terakhir, ada fitur Search Image yang memungkinkan pengguna mencari informasi tambahan terkait file gambar yang dikirimkan lewat fitur Forward (Teruskan) lebih dari empat kali di mesin pencari Google.

Jika pengguna hendak meneruskan kembali gambar yang dikirimkan oleh seseorang dan sudah lebih dari empat kali, maka pengguna akan mendapat notifikasi, "Would you like to search this on the web? This will upload the message to Google" atau "Apakah Anda ingin mencari ini di web? Ini akan mengunggah pesan ke Google."

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]