Protes Uang Kuliah, Tagar UIN Walisongo Melawan Menggema

CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2020 21:15 WIB
Ilustrasi Twitter, Rabu, 27 November 2019. Layanan jejaring sosial berlogo burung biru ini dikabarkan akan menghapus akun yang sudah tak aktif selama lebih dari enam bulan mulai 11 Desember. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Ilustrasi twitter. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar aksi protes terkait dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka menolak kebijakan kampus yang tidak memberikan keringanan pembayaran UKT di tengah pandemi Covid-19.

Selain di kampus, aksi protes juga dilakukan di Twitter. Tagar #uinwalisongomelawan tampak banyak menjadi bahan perbincangan. Hingga pukul 20.00 WIB, perbincangan dengan tagar #uinwalisongomelawan sudah lebih dari 14 ribu.

Salah satu akun yang berkomentar dengan tagar #uinwalisongomelawan adalah @AnisaAlfath2. Dia menyebut UKT seharusnya tidak dibayarkan karena selama pandemi perkuliahan dilakukan secara virtual.


"Kami kuliah onlen udah pake fasilitas kami sendiri loh, tapi masih bayar UKT? Ahahaha??? Buat biayain hidup rektor beserta jajarannya? Awokwokwok... Konyol sekaleeeeeeee," kicau @AnisaAlfath2.

Hal berbeda disampaikan oleh akun @adeyulianb. Dia dia mengaku mampu untuk membayar UKT. Akan tetapi, dia menilai banyak mahasiswa yang lebih membutuhkan uang.

"Bukan karna tak mampu, namun karna itu hak ku. Mahasiswa kuliah dirumah membayar, pak dosen kerja di rumah dibayar. Maaf pak bu bukan niat kami untuk durhaka, tapi niat kami untuk mengingatkan. Mengingatkan kalo ada banyak mahasiswa mu yang lebih membutuhkan. #uinwalisongomelawan," kicau @adeyulianb.

Di sisi lain, akun @emildr meminta maaf kepada rekannya di UIN Walisongo karena tidak bisa ikut aksi secara langsung. Dia berharap rekannya tetap semangat menyuarakan aspirasi dan tuntutan.

"Mohon maaf belum bisa membersamai kawan-kawan, tetap semangat dan jaga kekompakan. Kami bantu dari rumah #uinwalisongomelawan," kicau @emildr.

Sedangkan akun @littananda_ menyampaikan kampusnya berbeda dengan kampus lain. Dia mengatakan mahasiswa dari seluruh jalur wajib membayar UKT.

"Yang bilang uwin murah sini tak gampar duit semesteran ku frenn. Uwin ku beda dari uwin uwin yang lain fren, mau jalur SNMPTN SBMPTN SPANPTKIN MANDIRI jalur darat jalur laut. Podo wae mateni nek dikon bayar full dimasa pandemi. #UINWalisongoMelawan #Walisongorindupantura," kicau @littananda_.

Aksi memprotes uang kuliah di tengah pandemi bukan pertama ini terjadi. Sebelumnya, sejumlah mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati Bandung juga memprotes pembayaran kuliah. Tak hanya itu, sejumlah mahasiswa juga meramaikan #MendikbudDicariMahasiswa. 

Mereka meminta agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim melakukan audiensi dengan mahasiswa terkait uang kuliah selama pandemi corona.



(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]