Mekanik Bikin Knalpot Yamaha 'Nyanyi' Selamat Ulang Tahun

fea, CNN Indonesia | Jumat, 19/06/2020 15:59 WIB
Yamaha All New R1 Yamaha R1. (Dok. Yamaha)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perayaan hari kelahiran ke-64 Yamaha Motor Company Ltd pada 1 Juli nanti nampaknya bakal semakin meriah dengan nyanyian lagu selamat ulang tahun dari suara mesin dan knalpot hasil kreasi mekanik Taiwan.

Motor yang dimodifikasi merupakan moge kelas kakap Yamaha, YZF-R1. Mekanik merangkai putaran mesin lalu mengombinasikannya dengan quickshifter agar motor 1.000 cc 4-silinder itu menghasilkan nada-nada yang jelas terdengar.

Menurut Visordown mekanik yang mengerjakan itu berasal dari bengkel aRacer SpeedTek yang berada di Hscinchu City, Taiwan. Bengkel ini disebut spesialis barang aftermarket electronic control unit (ECU), quickshifter, dan sensor buat modifikasi harian ataupun balap.


Membuat suara knalpot bisa bernyanyi bukan perkara mudah. Mekanik itu mesti mencari titik putaran mesin yang sangat tepat hingga menghasilkan nada yang sesuai lagu.

Quickshifter, komponen elektronik buat membantu memindahkan gigi dengan cepat, digunakan untuk menghasilkan nada yang mesti dimainkan panjang. Seluruh proses ini bisa disangka sederhana, namun sebenarnya bisa lebih sulit dari yang dibayangkan.

[Gambas:Youtube]

(fea)