Tips Teknologi

8 Tips Mudah Streaming Musik Pakai Spotify Web

CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 12:51 WIB
Aplikasi streaming Musik, Spotify (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi) Ilustrasi Spotify. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan streaming telah lama mengambil alih industri musik, Spotify menjadi salah satu penanda dominasi layanan musik streaming.

Spotify juga dibekali dengan sistem machine learning yang mampu membaca pola perilaku pengguna. Apabila pengguna sering mendengar lagu genre Pop, maka Spotify akan merekomendasikan pengguna untuk mendengarkan lagu genre Pop terbaru atau artis-artis Pop.

Fitur ini dibuat agar pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu rekomendasi yang benar-benar merupakan kesukaan pengguna. Spotify dibuat agar pengguna bisa secara leluasa menggunakan aplikasi sesuai dengan preferensi musik pengguna


Saat ini Spotify telah hadir dalam versi web di desktop dan aplikasi seluler. CNNIndonesia.com akan membagikan 8 tips menggunakan Spotify web agar lebih optimal.

1. Buat Playlist dan Manfaatkan Berbagai Fitur di Dalamnya

Pengguna bisa membuat playlist lagu-lagu yang paling disukai atau membuat playlist lagu khusus untuk kesempatan tertentu, misalnya lagu untuk bergalau atau berolahraga.

Sebagai informasi, Spotify dilengkapi dengan AI yang bisa memberikan rekomendasi musik berdasarkan kata di judul playlist.

Selain itu, AI juga merekomendasikan lagu berdasarkan lagu-lagu yang pengguna tambahkan ke dalam playlist. Rekomendasi akan terus diperbarui seiring bertambahnya lagu.

2. Manfaatkan Fitur Discover Weekly

Dengan menggunakan Spotify, Anda tidak perlu khawatir bosan kehabisan lagu baru. Apabila Anda membutuhkan lagu baru yang mau disimpan di playlist, Anda bisa gunakan fitur playlist Discover Weekly.

Fitur ini berada di bagian Browse dan Radio yang berada di kiri atas Spotify. Setiap minggu, Spotify akan menambahkan 30 lagu baru di playlist Discover Weekly.

Lagu akan dipilih oleh AI berdasarkan lagu-lagu yang telah Anda dengarkan. AI akan membaca pola perilaku Anda.

Apabila sudah menemukan lagu favorit di Discover Weekly, Anda bisa langsung menyimpannya dan menambahkan ke playlist pribadi Anda.

Lagu-lagu di Discover Weekly terus diperbarui setiap minggu, jadi Anda harus menyimpan lagu tersebut sebelum menghilang dari playlist Discover Weekly.

3. Daily Mix

Fitur Daily Mix merupakan salah satu bentuk upaya Spotify untuk membuat aplikasi lebih personal bagi pengguna. Fitur ini merupakan sebuah playlist yang dibuat khusus untuk pengguna.

Playlist berisi lagu-lagu atau artis yang paling sering Anda gunakan, telah Anda sukai atau dimasukkan ke dalam playlist pribadi.

AI yang membuat playlist Daily Mix. Playlist ini dibagi berdasarkan genre. Playlist berisi campuran lagu dari artis atau genre favorit yang belum pernah Anda gunakan dan lagu yang pernah Anda gunakan.

4. Unduh Lagu untuk Hemat Kuota

Apabila Anda pengguna Spotify Premium, Anda bisa mengunduh album dan playlist apapun. Disarankan Anda mengunduh lagu untuk menghemat kuota.

Di sisi lain, Anda juga harus menyesuaikan jumlah lagu yang diunduh dengan kapasitas penyimpanan di komputer atau laptop.

5. Mencari Lagu di Playlist

Spotify memang memiliki fitur pencarian untuk mencari sebuah lagu. Namun apabila Anda ingin secara cepat mencari lagu di playlist, Anda bisa menekan Command-F di Mac atau Control-F di PC. Anda kemudian bisa mencari lagu di playlist yang sedang ada buka.

6. Mengembalikan Playlist yang Terhapus

Apabila Anda tidak sengaja menghapus playlist atau baru menyadari bahwa playlist yang Anda hapus ternyata bagus, Anda bisa mengembalikan playlist tersebut.

Dilansir dari PC Mag, pengguna harus log in ke halaman profil di situs web Spotify. Kemudian pilih 'Recover Playlist', di situ Anda akan menemukan berbagai playlist yang Anda hapus. Pilih 'Restore' untuk mengembalikan playlist.

7. Spotify Lewat Browser

Anda bisa memutar lagu Spotify lewat browser tanpa harus memiliki aplikasi Spotify di PC. Log in melalui play.spotify.com untuk memutar lagu dari akun Spotify Anda.

8. Saring tahun lagu

Dilansir dari Android Authority, Anda bisa mencari lagu dengan menggunakan beberapa saringan atau filter agar bisa dengan cepat mencari lagu. Misalnya Anda mencari lagu-lagu khusus dari tahun 2000, Anda bisa mengetik 'year:2000' di kolom pencarian.

Apabila pengguna memiliki dua filter, pengguna bisa menambahkan 'AND' atau '+', contohnya 'genre:pop AND year:2000'.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]