Jokowi Ulang Tahun, #HBD59Jokowi Jadi Trending Topic

CNN Indonesia | Minggu, 21/06/2020 12:59 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan warga saat meninjau proses distribusi sembako tahap ketiga bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak COVID-19 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. Ucapan ulang tahun ke-59 untuk Presiden Joko Widodo menjadi trending di Twitter. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-59 pada hari ini (21/6). Presiden ke-7 Republik Indonesia ini lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada1961 silam.

Warganet pub berbondong-bondong mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi.

Alhasil, tagar #HBD59Jokowi masuk ke jajaran trending topic di Twitter. Sampai pukul 11.50 WIB, tagar tersebut telah dicuitkan sebanyak 20 ribu kali.


Gubernur Jawa Tengah , Ganjar Pranowo turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi. Ganjar membagikan video yang berisi ucapan selamat ulang tahun di Twitter.

"Pak Jokowi selamat ulang tahun ke-59, kami semua berdoa, bapak tetap sehat," kata Ganjar dalam video yang ia unggah lewat akun @ganjarpranowo.

Harapan-harapan dari warganet juga turut mengalir bersama dengan ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi.

Ulang tahun Jokowi kali ini bertepatan dengan fenomena Gerhana Matahari Cincin dan Titik Balik Matahari (solstis). Indonesia tak kebagian Gerhana Matahari Cincin, namun tetap dapat menikmati Gerhana Matahari sebagian.

BMKG mengumumkan GMC 21 Juni 2020 ini akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa Gerhana Matahari Sebagian, dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Sementara itu istilah solstis atau summer solstice ini dikenal karena keberadaan matahari di titik paling utara menandai berlangsungnya siang hari terlama di belahan utara atau malam terpendek sepanjang tahun.

Pada saat Solstis, matahari akan berada pada posisi terjauh di atas khatulistiwa yakni lintang 23º 27' LU.

Tapi bagi masyarakat di belahan selatan, keberadaan matahari di atas khatulistiwa merupakan Winter Solstice atau titik balik musim dingin yang menandai peralihan musim gugur ke musim dingin.

Belahan bumi selatan akan mengalami siang hari terpendek sepanjang tahun karena belahan bumi selatan akan mengalami malam hari terlama.

(jnp/fra)

[Gambas:Video CNN]