Layar Samsung Dilaporkan Bermasalah

CNN Indonesia | Sabtu, 27/06/2020 05:12 WIB
Samsung Galaxy S20 Ultra Ilustrasi layar Samsung (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa model ponsel Samsung dikabarkan kembali mendapat masalah terkait layar smartphone yang tampak kehijauan.

Masalah ini sebelumnya muncul pada pengguna Galaxy S20 Ultra tak lama setelah ponsel dirilis. Saat itu, Samsung memecahkan masalah tersebut dengan pembaruan firmware.

Namun, ternyata masalah serupa juga menimpa pengguna Samsung model lain. Tercatat, pengguna Galaxy Note 8, Galaxy Note 9, seri Galaxy S9, Galaxy S10 Lite, dan Galaxy Note 10 Lite mengalami layar kehijauan seperti S20 Ultra.


Para pengguna mengeluh masalah layar hijau itu muncul setelah pembaruan firmware terbaru. Secara umum, masalah layar hijau terjadi ketika layar memiliki kecerahan rendah. Sehingga, masalah itu diklaim tidak selalu mengurangi ketidaknyamanan penggunaan.

Melansir Gizchina, Dilihat dari jumlah keluhan yang ditemukan di situs komunitas Samsung, masalah layar hijau tampaknya sangat jarang. Masalah itu ada untuk beberapa pengguna, tetapi tampaknya belum menyebar luas saat ini. 

Beberapa waktu belakangan, Samsung kerap didera berbagai keluhan pelanggan terkait ponsel pintar pabrikan Korea Selatan itu. Namun, Samsung telah berusaha memperbaiki masalah itu segera.

Beberapa bulan lalu, ada laporan bahwa ponsel Samsung di China tidak menyala. Beberapa ponsel Samsung yang lain mengalami masalah restart konstan serta layar hitam. Ponsel cerdas rentan terhadap serangan dan bisa dalam bentuk apa pun.

Mengutip Android Authority, ada sejumlah cara untuk mengatasi masalah layar hijau pada ponsel pintar Samsung. Salah satunya adalah melakukan pembaruan perangkat lunak.

Pada kasus S20 Ultra, warna layar yang kehijauan dilaporkan muncul ketika kecepatan refresh layar pada Exynos S20 Ultra diatur ke 120Hz dan kecerahannya di bawah 30 persen.

Warna kehijauan ini muncul ketika pengguna membuka berbagai aplikasi, seperti Samsung Pay, aplikasi kamera, Snapchat, PUBG Mobile, dan banyak lagi.

Masalah itu juga dikatakan terjadi ketika baterai ponsel di bawah 5 persen dan suhunya melebihi 40 derajat Celcius. Pada titik itu, kecepatan refresh tampilan secara otomatis kembali ke 60Hz.

Sammobile juga melaporkan mengalami masalah ketika ponsel memiliki baterai 60 persen dan tidak berada di dekat suhu 40 derajat. Hal itu menunjukkan bahwa masalah itu tidak konsisten di seluruh perangkat.

Pada intinya, layar akan berubah hijau jika kecerahannya rendah dan kecepatan refresh turun secara otomatis ke 60Hz di dalam aplikasi yang tidak mendukung kecepatan refresh 120Hz.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]