Tips Peroleh Uang Secara Online Imbas Corona

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 21:10 WIB
Pelita Mu'minatus Sholihah (21), mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia melaksanakan sidang skripsi secara online di kediamannya di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sidang skripsi secara online ini menjadi siasat perguruan tinggi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 tidak hanya menyebabkan jutaan orang sakit dan ratusan ribu orang meninggal dunia. Pandemi virus corona ini ternyata membuat banyak orang harus kehilangan mata pencaharian karena tempatnya bekerja merugi.

Bagi sebagian orang yang kehilangan pekerjaan, mungkin akan bingung harus berbuat apa. Sebagian lain, mungkin akan mencari pekerjaan baru atau memulai usaha untuk mendapatkan kembali penghasilannya.

Salah satu yang mungkin bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan setelah dipecat dari pekerjaan saat pandemi Covid-19 adalah dengan memanfaatkan internet. Perkembangan teknologi telah membuat argumen menghasilkan uang secara online menjadi kenyataan.


Berikut sejumlah tips yang bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk mendapatkan uang secara online.

1. Google Adsense

Google Adsense adalah mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang Google di laman web atau blog pengguna.

Pendapatan dari Google Adsense disebut bisa memberikan penghasilan lumayan. Namun, itu tergantung dari jumlah lalu lintas situs yang dimiliki.

Untuk mendaftar Google AdSense bisa dilakukan dengan gratis. Setelah itu, Google akan memberi kode unik yang akan tertempel di situs web pengguna.

Google akan melacak tampilan halaman, lalu lintas, dan memberikan penghasilan dari pihak yang memasang iklan untuk Anda. Tidak ada pemeliharaan untuk menjalankan hal itu, seperti dikutip Forbes

2. Afiliasi Pemasaran

Afiliasi pemasaran adalah teknik pemasaran dengan memberikan referensi dan memasang tautan ke suatu produk yang dijual. Referensi dan tautan ini ditaruh pada artikel blog pemberi referensi.

Mereka yang memberikan referensi ini kemudian mendapat penghasilan berupa komisi jika berhasil menarik pembeli.

Untuk mengikuti bisnis ini, pengguna mesti bermitra dengan perusahaan tertentu atau program afiliasi tertentu. Beberapa ecommerce dan toko online di Indonesia menawarkan program ini.

Pengguna bisa bermitra dengan program afiliasi yang terkait dengan isi blog. Misalnya, Anda punya blog soal kecantikan. Sehingga, Anda bisa ikut program afiliasi terkait dengan produk makeup dan kecantikan.

Selain mendaftar untuk program afiliasi individual, Anda juga dapat mendaftar untuk jaringan iklan afiliasi yang menawarkan banyak afiliasi berbeda di satu tempat. Dengan begitu, Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak menghasilkan uang setiap saat.

Berdasarkan laporan, seseorang bisa menghasilkan lebih dari US$100.000 per bulan dari blognya dan sebagian besar penghasilannya berasal dari penjualan afiliasi.

Ilustrasi online shop menyambut harbolnas 12.12, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019. CNNIndonesia/Safir MakkiIlustrasi belanja online (CNN Indonesia/Safir Makki)

3. Podcasting

Cara lain untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menjadi pembawa acara podcast online. Podcast adalah perbincangan yang dilakukan dengan menyiarkan suara, seperti radio. Banyak orang menggunakan platform itu untuk mencari sponsor dan pengiklan baru setiap saat.

Berdasarkan informasi, seseorang bisa memperoleh US$8.000 ketika menyertakan klip pendek di awal setiap podcast selama 90 hari. Namun, ada banyak orang yang menghasilkan lebih banyak dari itu.

Take the Entrepreneur On Fire Podcast yang dipandu oleh John Lee Dumas dikabarkan menghasilkan laba bersih lebih dari US$400.000 pada Maret 2018.

Kunci untuk terus maju dengan podcasting adalah menemukan segmen, menumbuhkan audiens, dan kemudian menemukan cara untuk menghasilkan uang dan terhubung dengan sponsor. Ini bukan cara termudah untuk menghasilkan uang secara online karena ada banyak logistik yang digunakan untuk menulis, merekam, dan mengedit podcast, tetapi masih layak dipertimbangkan.

4. Kursus Online

Setiap orang pasti memiliki keahlian. Keahlian ini bisa dijadikan uang dengan memberikan kursus online. Tak cuma kursus online, pengguna juga bisa membuka jasa konsultasi.

Melansir Medium, konsultan adalah beberapa orang dengan bayaran terbaik di industri apa pun. Menurut Glassdoor, Payscale, dan Indeed, gaji rata-rata untuk konsultan adalah US$75.000. 

Sebagai seorang konsultan, Anda dapat mengembangkan panduan langkah demi langkah tentang apa pun mulai dari penulisan lepas, pemasaran cryptocurrency, pemasaran afiliasi, atau keahlian lainnya.

In this photo taken on March 6, 2020, primary school teacher Billy Yeung edits a video lesson he recorded in an empty classroom, for his students who have had their classes suspended due to the COVID-19 coronavirus, in Hong Kong. - In Hong Kong, schools have been shut since early February, with the closure now set to last until after Easter. Many teachers are turning to conference call applications to interact with students, but that requires good WiFi access and computer literacy. (Photo by ISAAC LAWRENCE / AFP) / TO GO WITH AFP STORY CHILDREN-EDUCATION-HEALTH-VIRUS-CHINA-JAPAN-SKOREA-HONG KONG-SINGAPORE,FOCUSIlustrasi (ISAAC LAWRENCE / AFP)

Anda dapat menjual kursus dari situs web Anda atau pada platform online seperti Udemy atau Teachable. Menjual dari situs web Anda sendiri memberi Anda lebih banyak kontrol atas produk dan harga. Jadi ini adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online.

Keunggulan membuat kursus online, Anda cukup mengembangkannya sekali dan dapat menjualnya di pasar online berulang kali.

Anda juga dapat menambahkan peningkatan pada konten kursus tertentu dan menjadikannya konten premium dengan harga lebih tinggi. Anda juga bisa menawarkan pelatihan perorangan dengan harga premium untuk meningkatkan penghasilan Anda.

5. Asisten Virtual

Asisten virtual biasanya disewa untuk melakukan tugas-tugas dasar bagi para profesional yang sibuk, yang tidak dapat melakukannya sendiri tetapi tidak ingin mempekerjakan seseorang secara permanen.

Tugas asisten virtual seperti memasukkan data, menjawab email dan panggilan telepon, mengelola akun media sosial, dan menindaklanjuti hubungan dengan klien.

Pekerjaan asisten virtual dapat ditemukan di situs-situs yang menawarkan pekerjaan freelance online, misal Freelancer, Upwork, ada juga versi lokal seperti Sribulancer.

Untuk orang-orang dengan keterampilan dalam penjualan dan pemasaran, Anda dapat disewa untuk melakukan panggilan tindak lanjut atau untuk mengelola akun media sosial dan mempromosikan produk klien.

Hal terbaik tentang menjadi asisten virtual adalah Anda dapat melakukannya sebagai pekerjaan kapan pun dan dimana pun. Anda juga bisa memilih klien, tugas, dan harga sehingga bisa mengerjakan apa yang disukai dan menghasilkan uang sebanyak yang diinginkan.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]