Cara Menjaga Bodi dan Kaca Mobil Tetap Mengkilap

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 27/06/2020 15:22 WIB
Peluncuran BMW seri 7 di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019. BMW Group Indonesia meluncurkan BMW Seri 7 Long Wheelbase terbaru yang ditawarkan dalam dua variasi yaitu The New BMW 730Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Ada trik khusus untuk menjaga bodi dan kaca mobil tetap mengkilap. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tampilan mobil terasa kurang maksimal jika terdapat bercak air dan kusam bodi dan kaca. Untuk mencegahnya, ada kiat mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah kala akhir pekan.

Cara ini memungkinkan kita untuk tidak mengeluarkan kocek berlebih untuk perawatan mobil kesayangan. Berikut ini ulasannya.

Cara menghilangkan goresan bodi mobil

Goresan pada bodi mobil kadang sulit dihindari dan kerap kali pengendara tidak menyadari mobilnya tergores. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mencuci mobil terlebih dahulu di tempat "adem" atau lokasi yang tak terpapar sinar matahari.


Lalu gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi.

Gosok bagian tersebut menggunakan kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak terlihat. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Cara mencegah bodi mobil berkarat

Bodi mobil berkarat karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, sehingga metal terpapar udara luar yang menyebabkan karat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut hindari parkir terlalu lama di tempat lembap, dan segera cuci mobil jika bagian bawahnya terkena hujan.

Selanjutnya periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet bocor atau tidak lentur, serta bersihkan plat bodi dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai plat bodi.

Cara merawat kaca supaya tak berjamur

Kaca mobil dapat ditumbuhi jamur yang disebabkan sisa air kotor yang menempel pada kaca dan menjadi bercak dan berbekas saat kering. Untuk menghindari hal tersebut, keringkan kaca dengan sempurna usai mencuci mobil. Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan.

Selain itu bilas mobil jika terkena air hujan atau air kotor. Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas. Ulangi proses tersebut hingga kaca mobil benar-benar bebas jamur, mengutip keterangan tertulis Suzuki Indonesia.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]