Agar Sama-sama Aman Bertransaksi di GrabKios

Grab, CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 17:30 WIB
dok. GrabKios Indonesia/YouTube Ilustrasi GrabKios. (Foto: dok. GrabKios Indonesia/YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memasuki era new normal, Grab mengikuti imbauan pemerintah dengan meminta para mitra GrabKios menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting untuk dilakukan secara terus menerus, agar mempercepat adaptasi kebiasaan baru tersebut.

Bertransaksi secara aman dan nyaman melibatkan kedua belah pihak, penjual dan pembeli. Untuk pembeli, akan lebih baik jika dapat membuat tempat cuci tangan, namun menyediakan hand sanitizer, semprotan disinfektan, tisu kering, dan tisu basah juga bisa jadi pilihan.

Penjual diingatkan agar tetap mengenakan masker dan sarung tangan, terlebih bila pembayaran dilakukan secara tunai. Grab pun menyarankan agar penjual dapat menentukan jumlah maksimal pembeli untuk menjaga jarak aman, menyesuaikan dengan kapasitas toko atau warung.


Sebaliknya, pembeli juga harus memperhatikan kelengkapan berbelanja. Kelengkapan itu meliputi hand sanitizer, tisu basah atau kering, serta membawa tas belanja sendiri. Masker tentu diwajibkan pakai, juga sarung tangan. Untuk membayar, pembeli dianjurkan menggunakan metode cashless.

Penerapan protokol kesehatan ini selayaknya menjadi kebiasaan, bukan kewajiban sehingga ringan dilakukan. Penjual juga bisa menyediakan masker sekali pakai untuk pembeli yang lupa memakainya. Pelayanan terbaik diyakini tetap diberikan di GrabKios, dengan memprioritaskan kesehatan dan keamanan.

(rea)