Diam-diam Fitur Facebook Dark Mode Diuji Coba di Ponsel iOS

CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 20:12 WIB
Fitur Mode Gelap Facebook Ilustrasi Facebook Dark Mode. (Screenshot via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook dikabarkan mulai meluncurkan fitur dark mode atau mode gelap ke perangkat telepon seluler atau ponsel. Hal itu diketahui setelah menu pengaturan Facebook pada iPhone dan iPad menampilkan fitur tersebut.

Facebook secara resmi membenarkan keberadaan mode gelap pada ponsel. Mereka mengaku sedang menguji coba fitur tersebut di platform iOS.

Melansir 9to5mac, pengguna dapat secara manual mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap melalui panel pengaturan yang tersedia dalam aplikasi Facebook. Selain itu, mode tersebut dapat menyesuaikan tampilan berdasarkan preferensi iOS.


Itu artinya aplikasi akan secara otomatis mengubah tampilannya mengikuti penjadwalan mode gelap yang telah diatur oleh pengguna iOS.

Mode gelap Facebook tidak akan sepenuhnya hitam seperti yang terlihat di Instagram dan Messenger. Mode gelap Facebook akan tampak berwarna abu-abu dengan aksen putih untuk logo dan ikon. Hal itu diprediksi akan menjadi keputusan kontroversial di antara pengguna Facebook.

Mode gelap Facebook pada ponsel belum tersedia secara universal. Saat ini, perusahaan menyampaikan bahwa fitur tersebut hanya aktif untuk sebagian kecil pengguna secara global.

Belum ada jadwal resmi bagi Facebook merilis fitur itu untuk semua pengguna. Saat ini, hanya ada kemungkinan Facebook merubah desain mode gelap sebelum rilis, atau sedang menguji beberapa opsi berbeda.

Melansir The Verge, butuh waktu lama bagi Facebook untuk meluncurkan mode gelap di ponsel. Sejauh ini, Facebook baru meluncurkan mode gelap di desktop dengan tujuan untuk mengurangi silau, khususnya di lingkungan yang kurang cahaya.

Sebelum benar-benar meluncur, Facebook telah meluncurkan mode gelap seluler di aplikasi Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger. Baru-baru ini, Twitter dan Google telah menghadirkan mode malam untuk pengguna Android dan iOS.

Mode cahaya rendah dan mode gelap populer tidak hanya karena mereka membuat aplikasi lebih mudah dilihat dan sedikit lebih menyenangkan secara estetika, tetapi karena sebagian besar dapat membantu menghemat usia baterai perangkat.

Sebelumnya Facebook sudah meluncurkan fitur dark mode versi website atau desktop.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]