4 Cara Mendapatkan Pekerjaan Lewat LinkedIn

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 17:19 WIB
linkedin Setelah memiliki akun dan mengisi profil layaknya CV, Anda bisa melanjutkan mencari lowongan kerja lewat LinkedIn melalui 4 cara. (Foto: istockphoto./hocus-focus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di antara banyak platform pencari kerja, situs jejaring sosial LinkedIn dapat menjadi pilihan untuk menemukan lowongan pekerjaan.

Tak seperti situs lain yang menjadi mediator antara perusahaan dan pelamar, LinkedIn memungkinkan pelamar langsung mengirimkan CV kepada perusahaan yang sedang membuka posisi lowong.

Fitur dalam LinkedIn juga mempermudah pencari kerja mendapatkan posisi yang relevan sesuai dengan kualifikasi dan keahlian, serta lokasi kerja.


Setidaknya situs yang dibuat pada 2003 itu dapat menampilkan hingga jutaan lowongan pekerjaan setiap harinya. Laman LinkedIn pun menyediakan tutorial bagi yang baru pertama kali menggunakannya, dapat melalui tautan cara menggunakan LinkedIn.

linkedinFitur LinkedIn mempermudah pencari kerja mendapatkan posisi yang relevan sesuai dengan bidang keahliannya. (Foto: istockphoto./franckreporter)

Tampilannya yang user-friendly memudahkan penggunanya untuk mencari pekerjaan. Kendati begitu, pastikan juga telah membuat profil LinkedIn yang baik, menarik, tapi tetap memberikan kesan profesional agar dilirik oleh perusahaan yang diincar.

Setelah itu, barulah langkah berikutnya mencari lowongan pekerjaan. Melansir dari JobHunt, berikut 4 cara mudah mendapat pekerjaan dengan memanfaatkan fitur dalam LinkedIn.

1. Job Board

"Jobs" merupakan salah satu item menu utama. Menu Jobs memungkinkan pengguna mengakses banyak iklan pekerjaan dari pemberi kerja dan perekrut, dan informasi lowongan lainnya yang dikumpulkan dari internet.

Tentunya yang pertama haru dilakukan ialah memiliki akun LinkedIn terlebih dahulu. Caranya mudah dan gratis. Hanya tinggal masuk ke tautan "Sign Up," lalu pengguna akan diarahkan lebih lanjut.

Setelah memiliki akun, langsung masuk ke tautan "Pekerjaan" di menu bagian atas halaman LinkedIn. Pengguna dapat mencari pekerjaan berdasarkan judul pekerjaan, kata kunci, atau perusahaan, serta lokasi pekerjaan.

Setelah itu klik tombol "Cari", perhatikan opsi yang ditawarkan LinkedIn di kolom kanan halaman hasil. Pengguna dapat memfokuskan hasil pencarian pada pemberi kerja tertentu (misalnya "Perusahaan") dan lokasi.

Perlu diketahui, LinkedIn juga menawarkan filter menarik tambahan mencari "Pekerjaan" seperti tanggal pekerjaan di-posting (mulai dari 24 jam terakhir hingga "kapan saja"), tingkat pengalaman (dari level pemula hingga eksekutif), hingga fungsi pekerjaan yang bervariasi tergantung pada pencarian awal sang pengguna.

Tipsnya, mulailah dengan pencarian yang umum, kemudian menambahkan atau filter hasilnya. Seperti mencari pekerjaan di bidang jurnalistik atau industri media. Kemudian filter pekerjaan yang di-posting minggu ini hingga Anda mendapatkan posisi yang tepat dan diinginkan.

2. Rajin Scroll Feeds

social media groupDalam feeds biasanya banyak teman yang memposting atau share informasi lowongan pekerjaan yang bisa berguna untuk Anda dan pencari kerja lainnya (Foto: iStockphoto/metamorworks)

Apabila serius mencari kerja lewat LinkedIn, rajinlah update informasi dengan membuka postingan di beranda. Luangkan waktu untuk scroll feeds melihat unggahan dari teman di LinkedIn.

Dari sana biasanya akan banyak teman atau kolega yang mengunggah dan menge-share informasi mengenai lowongan kerja terbaru yang biasanya bersumber dari perekrut atau HRD-nya langsung.

Anda juga bisa mencari feeds dengan menggunakan tanda tagar, seperti #jobs, #hiring, #salesjobs, atau apa pun yang sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Meski tidak setiap postingan berisi lowongan pekerjaan, tetapi banyak informasi lowongan yang menyertakan hashtag tersebut.

3. Mendapatkan Pekerjaan Lewat LinkedIn Grup

Kelebihan menggunakan LinkedIn adalah Anda dapat bergabung dengan banyak komunitas sekaligus, hingga 100 grup pada satu waktu.

Anda bisa bergabung pada kelompok alumni perguruan tinggi, komunitas yang berfokus pada keahlian atau skill, jenis profesi, industri, hobi, lokasi, dan sebagainya.

Tidak jarang dalam kelompok akan ada yang membantu merekomendasikan atau mencarikan pekerjaan.

Untuk dapat menemukan komunitas atau grup yang diinginkan, cukup klik ikon "Work" di kanan atas pada laman LinkedIn. Kemduian pilih opsi Grup pada drop-down image.

4. Company Pages

sitesDari company pages, bisa didapat overview seputar perusahaan, perkembangan bisnis, dan lowongan pekerjaan yang memudahkan Anda melamar pekerjaan  (Foto: istockphoto/Prykhodov)

Company Pages adalah sebuah halaman yang berisi informasi sebuah perusahaan. Pengguna bisa menemukan latar belakang perusahaan yang diincar di sana.

Company page sangat berlimpah di LinkedIn. Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan hanya mengetikkan nama perusahaan di bilah pencarian pada bagian atas halaman.

Company page seringkali dimanfaatkan perusahaan untuk memperkenalkan brandnya dan menuliskan citra yang baik di mata publik. Selain itu, di sana akan terdapat daftar lowongan pekerjaan atau tautan ke portal kerja perusahaan (situs website) yang berisi lowongan kerja secara lengkap.

Jika ada fasilitas lamar pekerjaan secara langsung "Apply" button, tentu akan mudah. Tapi lakukan hal itu jika Anda benar-benar berminat dan kualifikasinya memang cocok.

Sebab banyak kasus orang hanya asal melamar dan mengirim Curiculum Vittae (CV) tanpa memperhatikan syarat dan kualifikasinya. Dan tentu ini sia-sia saja.


Mengetahui hal ini tentu akan menjadi bekal Anda untuk mendapat pekerjaan dengan lebih mudah.Itulah 4 cara mencari pekerjaan lewat fitur LinkedIn.

Manfaatkan fitur ini semaksimal mungkin untuk melihat postingan pekerjaan yang lowong serta siapa saja orang yang dikenal yang bekerja di perusahaan tersebut dan mulai bangun jaringan.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA