5 Layanan Translate Inggris-Indonesia Terbaik dan Akurat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 21:08 WIB
Sending I love you text message with mobile phone. Online dating, texting or catfishing concept. Romance fraud, scam or deceit with smartphone. Man writing comment. Fake profile. Internet safety. Tak semua layanan translate Inggris-Indonesia memberi terjemahan akurat. Pengguna harus cermat memilih situs penerjemah dengan hasil dan tata bahasa yang baik. (Foto: Istockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak semua orang mahir  Inggris ke bahasa Indonesia secara utuh, sehingga dipilihlah cara mudah dan cepat dengan menggunakan layanan penyedia translate Inggris-Indonesia.

Kendati demikian, tidak semua penyedia layanan translate memiliki hasil terjemahan yang akurat. Pengguna harus cermat memilih platform penerjemah yang dapat meringankan pekerjaan translate dengan hasil yang baik dan tata bahasa yang akurat.

Berikut 5 layanan translate Inggris-Indonesia yang akurat, bermanfaat, serta paling banyak digunakan orang.


1. Google Translate

Google TranslateGoogle Translate adalah layanan translate Inggris-Indonesia yang paling banyak dipakai dengan hasil terjemahan yang baik (Foto: Screenshot via web translate.google.com)

Fitur yang disediakan oleh pengembang teknologi raksasa Google ini paling dikenal dan sering digunakan oleh banyak orang. Fitur Google Translate tidak hanya menyediakan opsi bahasa Inggris dan Indonesia, namun hampir seluruh bahasa yang ada di dunia atau setidaknya total 109 bahasa yang tersedia.

Fitur yang diluncurkan sejak April 2006 silam ini juga memungkinkan penguna untuk menerjemahkan halaman situs dan dokumen dengan mudah dan gampang serta menyediakan fitur offline mode.

Selain penerjemah melalui tulisan, Google Translate juga dapat menerjemahkan bahasa lewat input suara dengan hasil terjemahan berupa tulisan. Hal ini dapat meringankan pengguna ketika ingin menerjemahkan pidato seseorang.

Google Translate dapat diakses kapan dan di mana saja dari berbagai perangkat, mulai dari PC, laptop, Android, dan iOS.

2. Bing Translator

man hands holding phone with isolated screen in the house in roomBing Translator mampu menerjemahkan hingga 60 bahasa dan punya fitur pendeteksi kata otomatis (Foto: iStockphoto/Prykhodov)

Bing translator merupakan platform penerjemah yang dikembangkan oleh Microsoft. Fitur Bing mampu menerjemahkan hingga 5.000 karakter, tersedia dalam 60 bahasa, dan dilengkapi dengan fitur pendeteksi otomatis.

Pendeteksi ini berfungsi untuk membantu pengguna lebih mudah mengetahui bahasa asli teks yang diketik sebelum menerjemahkannya ke dalam bahasa lain. Selain itu, tidak hanya melalui unduhan aplikasi Bing Translator di smartphone berbasis Android atau iOS, namun pengguna dapat menikmati fitur serta offline mode.

Fitur ini tentunya sangat membantu jika berada di daerah susah jangkauan internet dan tidak mendapat sinyal Wi-Fi.

3. Yandex Translate

Yandex TranslateSelain translate tulisan, Yandex juga dapat menerjemahkan bahasa lewat input suara dengan hasil terjemahan berupa tulisan (Foto: Yandex Translate)

Situs penerjemah bahasa yang didirikan sejak 22 Maret 2011 silam ini memiliki fitur yang cukup lengkap ketimbang lainnya. Yandex Translate tersedia dalam 97 bahasa dan dapat menerjemahkan bahasa sampai batas maksimal 10 ribu kata.

Selain penerjemah melalui tulisan, Yandex juga dapat menerjemahkan bahasa lewat input suara dengan hasil terjemahan berupa tulisan. Kemudian dilengkapi fitur on screen keyboard dan auto spelling untuk memperbaiki secara otomatis jika terdapat penulisan input kata atau huruf yang salah.

Yang lebih menarik, tidak hanya translate dalam bentuk teks dan suara, Yandex dapat pula menerjemahkan tulisan yang tertera di gambar atau foto menjadi tulisan biasa melalui fitur image yang tersedia.

4. iTranslate

[Gambas:Instagram]


iTranslate yang merupakan penyedia jasa penerjemah bahasa asal negara Austria yang didirikan sejak 2009 silam. iTranslate dikatakan mampu menerjemahkan setidaknya 80 bahasa asing.

Platform iTranslate memiliki kelebihan berupa user interface atau tampilan sederhana dan mudah digunakan. iTranslate juga terus memberikan inovasi untuk perkembangan layanannya.

Selain itu, iTranslate dapat menerjemahkan bahasa lewat input suara dengan hasil terjemahan berupa tulisan.

5. Sederet

Ilustrasi headphoneSelain fitur translate Inggris-Indonesia, aplikasi Sederet dapat digunakan untuk latihan TOEFL serta menyediakan materi grammar dan listening (Foto: Pixabay/SplitShire)

Situs penyedia jasa penerjemah besutan Indonesia ini memiliki fitur penerjemah hanya untuk bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Selain sebagai situs penerjemah, Sederet juga difungsikan sebagai situs belajar.

Pasalnya terdapat fitur lain seperti fitur latihan listening, belajar grammar, hingga materi pembelajaran TOEFL. Selain itu, terdapat aneka artikel yang dapat dijadikan referensi pembaca dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.

Kelima situs di atas merupakan layanan translate Inggris-Indonesia yang sering digunakan dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Pengguna dari berbagai kalangan dapat menikmati fasilitas tersebut untuk mempermudah tugas kuliah, pekerjaan, maupun untuk keperluan leisure dan hiburan.

(khr/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK