Xbox Series X Versi Murah Akan Dirilis, Jadi Pesaing PS5

CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 20:47 WIB
Xbox Series X Ilustrasi Xbox. (Screenshot via web microsoft.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft telah mengumumkan kehadiran Xbox Series X, namun terdengar kabar bahwa Microsoft juga akan meluncurkan versi murah dari Series X.

Versi murah tersebut disebut dengan Xbox Series S. Bersama dengan Series X, Series S akan menjadi penantang Playstation 5 atau PS5 yang baru saja diumumkan harganya pada pertengahan Juni.

Dari sisi penampilan, Xbox Series S berukuran lebih kecil dibandingkan Series X. Penampilan tersebut merupakan konsep dari seorang fans Xbox.


Berdasarkan rumor yang beredar, Series S akan diluncurkan pada Agustus mendatang. Proyek bernama Lockhart ini juga memiliki CPU dengan kecepatan yang sama dengan Xbox Series X.

Dilansir dari The Verge, konsol Lockhart juga akan mencakup 7.5GB RAM dan GPU 4 TFLOPS. Sebagai perbandingan, Xbox Series X mencakup 13.5GB RAM yang dapat digunakan dan menargetkan kinerja GPU 12 TFLOPS.

Dilansir dari Techradar, artinya konsol Lockhart akan memiliki grafis 1080p bukan seperti Xbox Series X. Jika rumor tersebut akurat, maka Microsoft dapat memilih Agustus untuk mengungkap Xbox generasi kedua ini bersama harga untuk Xbox Series X.

Di sisi lain, Microsoft telah memastikan bahwa seluruh lini Xbox bisa memainkan gim yang sama. Kepastian ini membuat gamer tetap tenang apabila hendak membeli konsol Series S daripada Series X.

Rumor yang beredar memprediksi harga  Xbox Series X akan dijual US$400 atau sekitar Rp5,6 juta (US$1 = Rp14,222). Sementara series S diprediksi akan dibanderol dengan harga US$200 atau sekitar Rp2,8 juta.

Sony menampilkan wujud PlayStation5 saingan Xbox Series X buatan Microsoft. PS5 tersedia dua varian yaitu Digital Edition dan 4K Blu-ray yang harganya belum diungkap perusahaan.

Kendati demikian, sejumlah penggiat gim memprediksi harga PS5 bakal tembus US$499 atau sekitar Rp6,9 juta (US$1 = Rp14,002).

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]