8 Rekomendasi Situs Streaming Film Indonesia yang Legal

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 16:05 WIB
Ilustrasi pengguna layanan streaming film Netflix Situs streaming film yang resmi ini punya banyak koleksi film Indonesia, sebagai alternatif menonton dari layanan ilegal IndoXXI dan LK21. (Ilustrasi Foto: Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktivitas menonton film melalui televisi maupun layar gadget dapat dijadikan opsi untuk mendapat asupan hiburan. Apalagi di tengah situasi masa pandemi virus corona (Covid-19) yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah seperti saat ini.

Nah, bagi Anda pencinta film Tanah Air atau sedang bosan menonton film luar, ada situs khusus yang menyediakan banyak film Indonesia dan tergolong rajiin update film teranyar.

Di situs streaming film ini, Anda dapat menikmati beragam tontonan film Indonesia secara legal, sehingga tak perlu khawatir perangkat buat menonton film terinfeksi malware. Selain itu, tersedianya situs streaming film legal ini setidaknya dapat mengobati rindu menonton film di bioskop.


Berikut CNNIndonesia.com telah menghimpun rekomendasi 8 situs streaming film Indonesia terlengkap dan update yang bisa ditonton secara legal.

1. Netflix

Ilustrasi Netflix. CNNIndonesia/Safir MakkiNetflix merupakan situs streaming film Indonesia unggulan yang ditonton secara legal Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Netflix telah hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Layanan ini memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan pengguna bisa mengakses konten melalui smartphone, smart TV, tablet, PC maupun laptop.

Mirip langganan televisi berbayar, pengguna dapat menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati mulai dari serial TV dan film yang diproduksi sendiri oleh Netflix serta bebas iklan.

Netflix memiliki pustaka lengkap yang berisi film panjang, film dokumenter, acara TV, anime, serta masih banyak tayangan lain.

Kendati demikian, jika pengguna ingin mengakses Netflix, maka ditetapkan sejumlah retribusi. Perusahaan yang berkantor pusat di Las Vegas, Amerika Serikat ini mematok tarif langganan dengan rentang harga mulai dari Rp49 ribu hingga Rp169 ribu per bulan dengan tanpa biaya ekstra dan tanpa kontrak.

2. Go-Play

Go Play LogoLayanan streaming film legal GoPlay milik Gojek ini juga memiliki banyak koleksi film Indonesia (Foto: Screenshot via instagram @goplayindonesia)

Goplay merupakan salah satu produk layanan perusahaan ride-hailing Tanah Air yaitu Gojek. Tak hanya menyajikan film-film Indonesia kenamaan, namun GoPlay juga hadir untuk memberikan panggung bagi para kreator film lokal untuk memamerkan karya mereka.

Untuk dapat menikmati fasilitas GoPlay, pengguna harus menebusnya dengan berbagai macam tarif yang ditetapkan dalam berbagai paket tawaran, namun yang perlu diketahui GoPlay menetapkan tarif Rp89 ribu untuk langganan sebulan.

3. iFlix

[Gambas:Instagram]

Iflix adalah layanan video on demand yang dibentuk sejak 2014. Namun di Indonesia, layanan Iflix hadir pada akhir 2015. Layanan video on demand asal Malaysia ini menyajikan konten yang beragam mulai dari serial televisi, film box office, hingga acara khusus anak-anak.

Untuk menikmati fasilitas secara penuh, iflix menawarkan empat paket berlangganan seperti daily Plan Rp2 ribu per hari (bayar pakai pulsa); Weekly Plan Rp10 ribu per minggu; Monthly Plan Rp40 ribu per bulan.

4. Vidio

[Gambas:Instagram]

Vidio merupakan fitur video streaming dengan berbagai konten TV streaming, film, sinetron, original series, hingga olahraga seperti Liga 1, Champions serta Eropa.

Untuk menikmati tontonan di Vidio, pengunjung dapat mendapatkannya dengan membayar paket premium sebesar Rp49 ribu per bulannya. Ada pula tarif Rp19 ribu untuk akses paket Gold namun terbatas.

5. Viu

[Gambas:Instagram]

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media, Hongkong. Layanan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 26 Mei 2016.

Sejumlah pengguna menganggap Viu sebagai sebuah wadah untuk menonton drama, variety show, bahkan reality show Korea. Tidak hanya itu, perusahaan pun menyajikan sejumlah serial televisi yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, hingga India.

Jika belum berlangganan Viu, pengguna harus diganggu dengan iklan yang ada di layanan. Maka Viu menawarkan tiga paket berlangganan streaming film: Promo 1 Minggu Rp10 ribu, 1 Bulan + 2 Minggu Rp30 ribu, dan 2 Bulan + 1 Bulan Rp60 ribu.

6. Genflix

[Gambas:Instagram]

Genflix merupakan salah satu situs streaming legal di Tanah Air. Situs ini menyajikan konten film baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Biaya langganan Genflix memang relatif murah, pengguna perlu membayar paket langganan sebesar Rp49 ribu untuk sebulan. Usai membayar, pengguna dapat menikmati tontonan di Genflix yang dapat dinikmati dengan batasan maksimal tiga device.

Selain itu, koleksi film di Genflix akan berubah tiap bulan, serta terdapat konten yang sangat lokal seperti konten berbahasa Jawa.

7. CatchPlay

CatchPlay LogoHanya butuh membayar Rp60 ribu per bulan untuk menikmati layanan premium streaming film legal Catchplay (Foto: Screenshot via web CatchPlay.COM)

CatchPlay merupakan salah satu situs penyedia layanan streaming film yang paling sering update film Indonesia teranyar. Pengguna dapat menikmati layanan ini secara gratis namun terbatas. Jika ingin menikmati secara penuh, Catchplay menentukan tarif langganan paket premium sebesar Rp60 ribu per bulan.

8. YouTube

Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the world's most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005Situs Legal Streaming Film Indonesia YouTube menjadi pilihan untuk menikmati film Indie (Foto: Istockphoto/pressureUA)

Youtube memang jarang menampilkan konten film, namun beberapa kali kreator film mengunggah film Indonesia secara cuma-cuma. Kebanyakan film produksi indie turut diunggah dalam kanal YouTube yang dapat dinikmati secara gratis.

Itulah referensi situs streaming film Indonesia yang update dan terlengkap menyediakan banyak tontonan karya anak bangsa.

Sudah menentukan ingin menonton film apa di akhir pekan ini? Tetap pilih situs legal dalam menonton film agar lebih aman dan tak mengancam keamanan data di perangkat, ya.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]