Mengintip Cara Kerja Adaptive Cruise Control pada Motor

fea, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 11:56 WIB
Active Cruise Control milik BMW Motorrad Active Cruise Control milik BMW Motorrad. (Dok. BMW Motorrad)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fitur buat meluncur dengan aman di jalan raya yang biasanya ada pada mobil, Adaptive Cruise Control, bakalan tersedia pada sepeda motor. Merek asal Jerman, BMW Motorrad, memperkenalkan teknologi versi mereka, Active Cruise Control (ACC), yang menggunakan sensor dan radar seperti sistem yang sama pada mobil.

ACC milik BMW Motorrad merupakan aplikasi sistem buatan Bosch. Bosch sudah memperkenalkan sistem itu pada 2018 lantas KTM dan Ducati sudah mengumumkan akan menggunakannya pada motor mereka pada 2021, namun BMW Motorrad yang mengambil langkah pertama menjelaskannya secara detail.

Tombol pengatur Active Cruise Control milik BMW Motorrad yang berada di setang bagian kanan.Active Cruise Control milik BMW Motorrad. (Dok. BMW Motorrad)

Kurang lebih cara kerja ACC sama seperti pada mobil. Saat aktif pengendara bisa mengatur kecepatan konstan saat meluncur dan jarak yang dinginkan dengan objek di depannya.


Tombol Set/Res yang mengontrol kecepatan ditempatkan di setang bagian kanan. Bila tombol dipencet ke atas kecepatan bakal meningkat 1 miles per hour atau 5 mile per hour jika dipencet lama. Hal yang sama berlaku jika tombol dipencet ke bawah.

Tombol pengatur jarak tersedia tiga pilihan, 'short', 'medium', dan 'long'.

Ketika aktif fitur ACC bisa diinterupsi dan disetop saat pengendara memutar gas, mengerem, atau menekan kopling. Khusus menekan kopling interupsi tertunda sekitar 1,5 detik.

Secara keseluruhan ACC pada BMW Motorrad tersedia dalam dua mode, comfortable dan dynamic, yang menentukan seberapa agresif kecepatan bertambah atau berkurang.

Sama seperti sistem adaptive cruise control pada mobil, ACC akan secara otomatis mengurangi kecepatan dan menjaga jarak sesuai pilihan pengendara jika menemukan objek di depan. Sensor radar disebut mengabaikan objek diam dan hanya beraksi pada objek yang sedang bergerak.

Sensor mendeteksi objek hingga 100 m ke depan lalu komponen pengontrol mengirimkan perintah ke sistem cruise control dan rem ABS via koneksi CAN. Lantas ABS menghitung seberapa besar torsi mesin dan torsi pengereman (bila dibutuhkan) untuk mengontrol kecepatan.

ACC juga bekerja saat menyalip kendaraan lain. BMW juga bilang ACC bekerja di tikungan, namun kecepatannya dibatasi untuk kenyamanan membelok.

Sensor radar juga bekerja saat ACC tidak aktif sebagai bagian dari fitur peringatan tabrakan.

BMW Motorrad belum menyatakan kapan ACC akan digunakan pada motor produksi dan pada model apa. Namun diperkirakan teknologi ini akan hadir pada 2021 mengingat KTM dan Ducati juga punya target yang sama.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK