Tandingi NASA, Rusia Kirim Turis ke Luar Angkasa pada 2023

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 05:13 WIB
Members of the main crew to the International Space Station (ISS) (from L) United Arab Emirates' astronaut Hazza Al Mansouri, Russian cosmonaut Oleg Skripochka and US astronaut Jessica Meir report to Roscosmos chief Dmitry Rogozin (R) arrive to board a Soyuz rocket to the ISS, at the Russian-leased Baikonur cosmodrome in Kazakhstan on September 25, 2019. (Photo by VYACHESLAV OSELEDKO / AFP) Ilustrasi. (Foto: VYACHESLAV OSELEDKO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan antariksa Rusia Energia mengumumkan akan membawa dua turis mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2023. Perjalanan ini berdasarkan ketentuan kontrak baru perusahaan dengan perusahaan AS, Space Adventures.

"Kami merencanakan salah satu peserta ekspedisi akan melakukan perjalanan ruang angkasa dari segmen Rusia, bersama dengan kosmonot profesional Rusia," kata Energia, yang merupakan bagian dari badan antariksa Rusia Roscosmos, melansir AFP, Kamis (2/7).

Pengumuman wisata luar angkasa Rusia muncul setelah Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menandatangani kerja sama dengan perusahaan pariwisata luar angkasa Virgin Galactic milik Richard Branson untuk mempromosikan misi pribadi ke ISS setelah program pelatihan khusus di AS.


Pengumuman itu juga berkaitan dengan kesuksesan misi pertama SpaceX milik Elon Muksa dalam mengirim astronot ke ISS menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Misi SpaceX diketahui mengakhiri hampir satu dasawarsa Rusia memegang monopoli untuk mengangkut manusia ke orbit.

Pada Maret 2020, SpaceX pun telah mengumumkan perjalanan wisata luar angkasanya sendiri untuk tiga orang pada 2021 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

Space Adventures sudah mengiklankan perjalanan ruang angkasa sebagai sebuah pengalaman yang langka dan menggembirakan. Mereka mengatakan hal itu hanya tersedia melalui Energia.

"Jika Anda memilih untuk terbang ke angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan luar angkasa dengan kosmonot profesional," kata Space Adventures.

Space Adventures bersama dengan Rusia sebelumnya pernah membawa delapan turis ke ISS antara 2001 dan 2009.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]