Michelin Suplai Ban Formula E Hingga 2022, Hankook Mulai 2023

fea, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 23:40 WIB
Techeetah's German driver Andre Lotterer steers his car during the Formula E electric car Formula E. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produsen ban asal Prancis, Michelin, menyatakan tetap menyuplai ban untuk balapan khusus mobil balap listrik, Formula E, hingga musim 2021/2022. Logo dan maskot Bidendum alias Michelin Man sudah menyemarakkan Formula E sejak pertama kali digelar pada musim 2014/2015.

Selama enam musim Michelin menggunakan Formula E sebagai lokasi uji inovasi sekaligus mengembangkan tiga generasi ban Pilot Sport. Ban Pilot Sport EV yang ditujukan buat balapan mobil listrik telah melewati berbagai pengembangan termasuk soal kualitas performa dan ketahanan.

Pada generasi ketiga Pilot Sport EV yang saat ini digunakan, Michelin telah mampu menghemat 9 kg bahan baku untuk memproduksi satu set ban dibanding generasi pertama. Michelin juga telah menemukan cara tetap menghasilkan performa grip, ketahanan, dan efisiensi energi sambil melakukan itu.


Michelin juga mendapatkan keuntungan sebab Formula E menggunakan ban ukuran 18 inci yang mirip dengan ban di mobil-mobil produksi massal. Ini bisa mendorong lebih cepat pengembangan ban buat mendukung volume penjualan.

"Michelin bangga telah menjadi pionir sebagai rekanan pertama kejuaraan FIA Formula E," kata Matthieu Bonardel, Direktur Motorsport Michelin, disitat dari Automotive World, Kamis (2/7).

"Kami telah berkontribusi besar untuk kesuksesan ini, yang sekarang mengandalkan komitmen 10 produsen mobil. Kami akan tetap berkomitmen untuk Formula E hingga 2022. Pada saat yang bersamaan, Michelin terus mengembangkan kemitraan lainnya untuk menunjukkan bahwa kompetsisi olahraga dan mobilitas berkelanjutan tidak dapat dipisahkan," katanya lagi.

Hankook Pengganti Michelin

FIA (Federation Internationale de l'Automobile) telah mengonfirmasi setelah masa kontrak Michelin habis penyuplai ban untuk Formula E adalah produsen ban asal Korea Selatan, Hankook.

Keputusan itu telah dirilis pada 1 Juli, bertepatan dengan pernyataan resmi Michelin serta pengumuman Williams Advanced Engineering sebagai penyuplai baterai menggantikan McLaren Applied Technologies.

Hankook telah memenangkan tender untuk menyediakan ban bagi Gen3 mobil Formula E untuk musim 2022/2023.

(fea)

[Gambas:Video CNN]