Mengatasi Google Drive Limit dan Cara Download

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 07 Jul 2020 11:43 WIB
Hong Kong , Hong Kong, - May 1, 2013: Mobile apllcation of cloud storage for SkyDrive, Google Drive, Box, Dropbox Agar tak mengganggu proses download dan membuat file-nya corrupt, berikut penyebab dan cara mengatasi Google Drive yang limit pada PC dan HP. (Foto: iStockphoto/ngkaki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google Drive merupakan salah satu fitur tambahan dari Google yang memberikan akses penyimpanan hingga 15 Gigabyte (Gb).

Seringkali teknologi penyimpanan macam Google Drive digunakan sebagai file back-up dan cadangan manakala hard disk rusak sehingga data-data penting dapat terselamatkan.

Namun, di balik kemudahan fasilitas yang diberikan, Google Drive juga memiliki kelemahan yakni limit akses yang cukup terbatas.

Hal tersebut mengakibatkan pengguna gagal download data yang tersimpan di dalam Google Drive. Karenanya, ketahui penyebab dan cara mengatasi Google Drive limit agar tak mengganggu proses download.


Penyebab File di Google Drive Limit

Biasanya Google Drive akan mendeteksi file yang telah melebihi batas kuota download, hal itu disebabkan maraknya orang yang men-download file di dalam Google Drive tersebut.

Apalagi jika traffic file tersebut menunjukkan angka yang tinggi, maka Google drive akan mengambil tindakan mengunci atau membuat status limit yang di-reset selama 24 jam sebagai upaya menghindari penyalahgunaan file.

Namun jika file berukuran besar dan memiliki trafik pengunjung yang sangat tinggi, bisa-bisa Google akan melakukan proses reset lebih lama hingga tiga hari.

Oleh sebab itu, daripada pengguna menunggu hal yang belum pasti, ikuti cara ampuh download di Google Drive limit lewat Personal Computer (PC) dan smartphone, yang bisa dijadikan referensi saat mengalami kesulitan serupa.

Cara Download di Google Drive yang Limit di PC

Cara mengatasi Google Drive limit pada PC, Anda tinggal mengikut langkah di bawah ini dan pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil Foto: iStockphoto/sematadesign)

Yang perlu disiapkan saat ingin mendapatkan file di Google drive yang limit adalah pastikan pengguna memiliki akun Google dan koneksi internet yang stabil. Setelah itu ikuti langkah-langkah sebagaimana berikut ini:

1. Pastikan pengguna sudah login ke dalam akun Google miliknya, lalu ketik halaman https://drive.google.com/ pada kolom pencarian di browser yang digunakan.
2. Cari file yang ingin didownload, klik kanan pada file tersebut, dan pilih opsi "Get shareable link".
3. Akan muncul pop-up kecil bertuliskan "Link copied to clipboard"
4. Kemudian bukalah tab baru di browser dan paste alamat atau tekan tombol keyboard CTRL + V pada kolom pencarian
5. Setelah itu akan muncul tampilan preview. Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa pengguna sedang berada di halaman preview adalah adanya simbol dengan bentuk mirip segitiga di pojok kanan atas yang bertuliskan "Add to my drive"
6. Klik tombol "Add to my drive" dan tunggulah beberapa saat hingga simbol segitiga akan akan berubah menjadi ikon folder.
7. Klik ikon folder tersebut, buka dan pilih menu "My Drive" yang akan berubah halaman ke tab baru di browser
8. Kini file tersebut sudah berada di Google drive pengguna, namun kondisi file masih sama dengan sebelumnya, yakni kondisi file limit
9. Untuk memiliki salinan file yang tidak limit, klik kanan pada file dan pilih "make a copy" dan tunggu beberapa saat
10. Lalu Klik kanan pada file yang ingin didownload dan pilih menu "Download", jika ukuran file melebihi 100 MB, akan muncul pop up bertuliskan "Can't scan file for viruses". Pengguna hanya perlu klik tombol "Download Anyway" dan proses download akan mulai berjalan.

Cara Download di Google Drive yang Limit di Smartphone

Logo Google DriveCara mengatasi Google Drive limit pada HP yakni dapat mengakses situs pihak ketiga Okedrive (Foto: Dok. Google)


Cara download Google drive yang limit di smartphone tak jauh beda dengan cara serupa pada PC. Namun dalam tahapan kali ini, ada metode lain yang dapat digunakan pengguna, salah satunya melalui pihak ketiga situs https://okedrive.com/.

1. Salin atau copy alamat file di Google Drive yang ingin didownload
2. Selanjutnya silakan ketik https://okedrive.com/ di browser android maupun iOS
3. Bagi pengguna baru silakan pilih tombol 'sign up', sedangkan pengguna yang sudah tak asing tinggal memilih tombol 'login'
4. Masuk dengan akun google pribadi lalu klik 'upload link'
5. Pengguna akan dibawa ke halaman yang berisi kolom pengisian alamat, maka paste atau tekan keyboard CTRL + V di kolom tersebut
6. Lalu klik tombol 'upload'
7. Jika proses telah selesai akan muncul tombol baru bertuliskan 'download', lama atau tidaknya tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet

Cara ampuh download file di Google yang limit melalui PC dan ponsel yang telah diulas setidaknya dapat membantu pengguna manakala menghadapi kasus serupa, dan membutuhkan file tersebut dalam waktu cepat.

Selain itu, untuk memastikan proses download berjalan lancar, maka pastikan koneksi internet lancar, sehingga tidak membuat file tersebut corrupt atau rusak.

(khr/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER