Mobil Terbakar Tak Asuransi, Via Vallen Bisa Rugi Rp800 Juta

CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 16:56 WIB
Toyota Astra Motor (TAM) merilis mobil baru perdana di tahun ini dengan menyegarkan dua Multi Purpose Vehicle (MPV) premium, Alphard dan Vellfire. Sejumlah ubahan sudah disematkan, terutama pada sisi fitur. Toyota Alphard. (Dok. Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pedangdut Via Vallen diestimasikan mengalami kerugian sekitar Rp800 jutaan setelah Toyota Alphard produksi 2018 miliknya dibakar seseorang pada Selasa (30/6). Estimasi itu dilandasi pernyataan Via mobilnya tidak dilindungi asuransi dan menimang harga produk yang sama di pasar mobil bekas.

Menurut pernyataan Via melalui unggahan di media sosial, Alphard berwarna putih itu dia beli tunai dan diasuransikan selama dua tahun. Namun asuransi itu berakhir pada Mei dan dia mengaku belum sempat memperpanjang.

"Asuransinya berakhir Mei dan belum sempat dilakukan perpanjangan dan keburu dibakar orang saat pandemi kaya gini," tulis Via dalam unggahannya, dikutip Kamis (2/7).


[Gambas:Instagram]

Via seharusnya bisa mendapatkan ganti rugi berupa uang senilai harga mobil sesaat sebelum insiden jika masih dalam tanggungan asuransi.

Dinilai dari dugaan penyebab insiden yakni 'perbuatan jahat' dan asumsi kerusakan melebihi 75 persen, peluang pihak asuransi mengganti rugi besar, apapun jenis asuransi mobil Via, Total Loss Only (TLO) ataupun komprehensif.

Alphard milik Via merupakan varian G yang menggendong mesin 2.500 cc, pada 2018 banderol mobil ini Rp1,07 miliar. Saat ini Alphard G 2018 di pasar mobil bekas dijual Rp830 juta- Rp890 juta.

Via menceritakan Alphard miliknya dibeli setelah mengumpulkan uang hasil berjuang dari panggung ke panggung. Pelantun lagu 'Sayang' ini juga bilang sudah hampir tiga bulan tidak ada pemasukan seperti biasa karena kondisi pandemi.

Pihak kepolisian telah mengungkap motif tersangka pembakaran yang tidak lain pemggemar Via Vallen bernama Pije. Menurut Kapolres Sidoarjo Komisaris Besar Sumardji, pelaku sakit hati lantaran tak ditemui idolanya tersebut.

"Pengakuan pelaku itu hanya ingin ketemu dengan Via, karena dia salah satu fan berat. Dan ada sesuatu yang menurut si pelaku ini ingin ketemu tatap muka dan sudah diupayakan dua kali. Namun dari pengakuan pelaku enggak bisa ketemu Via," kata Sumardji, Rabu (1/7).

Alphard milik Via Vallen dibakar saat diparkir di samping rumahnya di Desa Kalitengah Selatan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, pada pukul 03.19 WIB. Menurut keterangan Via, seluruh mobilnya saat itu sedang diparkir di luar sebab garasi sedang digunakan untuk acara.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]