Toyota Beberkan Sulitnya Reparasi Mobil Terbakar Via Vallen

CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 19:03 WIB
Toyota Alphard Toyota Alphard. (Dok. Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Alphard 2.5 G 2018 milik Via Vallen yang hangus dibakar penggemar sangat sulit diperbaiki ke kondisi semula. Toyota Astra Motor (TAM), pemegang merek Toyota di Indonesia menjelaskan perbaikan sama saja seperti merakit mobil baru.

Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyimpulkan, setelah melihat foto-foto kerusakan Alphard milik Via di internet, bagian yang masih memungkinkan untuk dibangun ulang yakni hanya rangka dan bodi. Namun kata dia pemeriksaan menyeluruh mesti dilakukan agar mendapat kesimpulan lebih valid.

Proses perbaikan dalam kondisi seperti itu, sebut Didi, bakal menguras kantong karena komponen-komponen inti pada mobil tidak bisa terpakai. Ia memberi contoh seperti komponen yang ada pada kabin.


"Interior itu mahal dan karena misalnya kursi itu di-order pasti pretelan tidak ada assy [utuh]," kata Didi melalui pesan singkat, Kamis (2/7).

Selain itu, mengingat Alphard adalah mobil impor utuh (Completely Built Up/CBU), perbaikan disebut membutuhkan komponen-komponen khusus yang dipesan dari luar negeri. Faktor ini dikatakan membuat proses pengerjaan bisa berlangsung lama.

"Ya namun lama pengerjaannya. Itu sama saja ngerakit mobil," kata Didi.

Dia juga bilang ada kemungkinan pihak asuransi saja 'menyerah' jika ingin memperbaiki Alphard dengan kondisi seperti yang dialami Via.

"Tapi dengan kerusakan seperti itu asuransi saja nyerah," ucap Didi.

Meski demikian, Didi menyebut bila pemilik mobil tetap ingin melakukan perbaikan di dealer resmi Toyota, hal tersebut bisa saja dilakukan.

Seperti diketahui Alphard 2.5 G yang dibakar merupakan produksi 2018 dengan harga jual saat kondisi baru sekitar Rp1,07 miliar. Harga mobil itu saat ini berkisar Rp800 jutaan menurut situs jual beli mobil bekas.

Berdasarkan keterangan Via melalui akun media sosial, Alphard miliknya dibakar seseorang pada Selasa (30/6) pukul 03.19 WIB. Mobil itu dia beli tunai namun sudah tidak dilindungi asuransi yang habis masa berlakunya pada Mei.

[Gambas:Instagram]

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]