Orang Terkaya Kedua China Penggeser Jack Ma Tak Lagi Jadi Bos

CNN Indonesia | Sabtu, 04/07/2020 03:34 WIB
Colin Huang, orang terkaya kedua di China yang sempat menggeser posisi Jack Ma kini tak lagi jadi bos e-commerce Pinduoduo.
Jakarta, CNN Indonesia --

Colin Huang, miliarder terkaya kedua di China yang sempat menggeser posisi Jack Ma, pendiri Alibaba, menyatakan tak lagi menjadi bos e-commerce Pinduoduo.

Pria berusia 40 tahun itu menyatakan mengundurkan diri sebagai chief executive officer e-commerce Pinduoduo. Pendiri ecommerce menyerahkan jabatannya kepada chief technology officer Pinduoduo Chen Lei.

Meski mundur, Huang dikabarkan akan tetap menjadi ketua dewan di Pinduoduo Partnership dan memiliki hak suara mayoritas di perusahaan.


Melansir TechNode, Huang mengurangi kepemilikan pribadinya di Pinduoduo menjadi 29,4 persen dari 43,3 persen. Namun, dia mempertahan kontrol yang kuat atas perusahaan dengan 80,7 persen saham suara, turun dari 88,4 persen. 

Pengunduran diri Huang tak lama setelah berita tentang urutan orang kaya terabru di China. Huang diketahui menduduki posisi kedua menggeser pemilik Alibaba, Jack Ma.

Pada 22 Juni 2020, Huang dikabarkan memiliki harta sebanyak US$45,4 miliar. Jumlah itu membuat dirinya berada di bawah orang terkaya pertama di China, yakni pendiri dan CEO Tencent Pony Ma.

Dalam sebuah surat terbuka, Huang berencana mendistribusikan sahamnya untuk sejumlah terobosan baru. Misalnya, Huang mentransfer 372 juta sama atau 7,74 persen dari total saham perusahaan ke Pinduoduo Partnership guna mendukung riset dan CSR.

Selain itu, dia juga menyumbangkan 113 juta saham Pinduoduo atau 2,37 persen dari total saham, kepada Starry Night Charitable Trust, sebuah yayasan amal yang didedikasikan untuk mempromosikan pengembangan tanggung jawab sosial dan penelitian ilmiah.

Melansir Boomberg, Huang dan rekannya memulai aplikasi belanja Pinduoduo pada tahun 2015 pada saat Alibaba Group Holding Ltd. menjadi jawara pada bisnis e-commerce di China. Akan tetapi, Pinduoduo berhasil berkembang karena manawarkan layanan inovatif dengan barang-barang diskon dan penawaran khusus. 

Pinduoduo mulai go public pada tahun 2018. Sejak saat itu, saham perusahaan telah melonjak lebih dari empat kali lipat. Nilai kapitalisasi Punduoduo saat ini adalah US$102 miliar.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]