Spotify Resmi Luncurkan Fitur Lirik Lagu di Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 01:39 WIB
Aplikasi streaming Musik, Spotify (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi) Ilustrasi Spotify. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Spotify resmi meluncurkan fitur lirik lagu dalam aplikasi di beberapa negara. Indonesia menjadi negara yang langsung kebagian fitur tersebut.

Pada November 2019, Spotify mengatakan sedang menguji coba lirik real time di dalam aplikasi untuk pasar tertentu. Pada 1 Juli, Spotify resmi meluncurkan fitur tersebut.

Saat dicoba CNNIndonesia.com, fitur ini bisa langsung digunakan pengguna pada Now Playing di aplikasi seluler. Lirik akan berada di bagian bawah Now Playing dan diberi label LYRICS.


Untuk mengakses fitur ini, pengguna tinggal memutar lagu yang diinginkan. Kemudian di Now Playing, pengguna langsung scrolling ke bawah.

Lirik menyerupai fitur karaoke yang akan menyoroti teks yang dinyanyikan dalam lagu tersebut. Akan tetapi, tidak semua lagi memiliki fitur lirik ini.

CNNIndonesia.com juga mencoba fitur ini di aplikasi desktop Spotify maupun di web player Spotify. Akan tetapi, CNNIndonesia.com tidak menemukan fitur lirik di kedua versi tersebut. 

Dilansir dari TechCrunch, selain Indonesia, negara-negara yang akan mendapatkan fitur ini adalah Singapura, Kolombia, Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Taiwan, Hong Kong, Thailand, Vietnam, hingga Malaysia.

Spotify sesungguhnya telah bekerja sama dengan Musixmatch untuk menghadirkan fitur lirik, sebelum dihentikan pada 2016. Setelah menghentikan kerja sama dengan Musixmatch, Spotify bekerja sama dengan Spotify untuk menghadirkan fitur " Behind the Lyrics".

Akan tetapi, fitur ini tidak seutuhnya menampilkan seluruh lirik. Fitur ini fokus dengan menjelaskan latar belakang dari lagu ini bersama beberapa penggalan lirik.

Uniknya, dilansir dari The Verge, fitur ini tak tersedia di Amerika Serikat.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]