Berjasa Selama Lockdown, Ecommerce Rusia Bangun Monumen Kurir

CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 01:12 WIB
Russian police officers patrol on March 30, 2020 on the deserted Red square in front of Saint Basil's Cathedral in Moscow as the city and its surrounding regions imposed lockdowns today, that were being followed by other Russian regions in a bid to slow the spread of the COVID-19 infection caused by the novel coronavirus. - The enforcement of the strict new rules, which Moscow Mayor suddenly announced for the capital late Sunday, coincide with the beginning of a Ilustrasi (AFP/DIMITAR DILKOFF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok perusahaan ecommerce Rusia dikabarkan telah mendirikan sebuah monumen untuk para kurir di Moskow, Rusia. Monumen itu dibuat sebagai bentuk berterima kasih kepada kurir karena telah membantu orang melewati masa lockdown akibat pandemi Covid-19.

Penghargaan itu diberikan setelah beberapa pekerja pengiriman, banyak dari mereka adalah migran miskin dari Asia Tengah, memprotes kondisi yang dianggap tidak adil.

Melansir AFP, perusahaan belanja online Ozon, yang disebut Amazon Rusia, serta beberapa supermarket dan layanan pengiriman makanan mengatakan patungan dana untuk membuat monumen di selatan ibu kota Rusia tersebut.


Monumen logam yang dirancang oleh seniman Alexei Garikovich menampilkan siluet sosok yang memegang telepon dan berdiri di samping sebuah kotak. Di bawahnya terdapat sebuah prasasti bertuliskan 'Untuk mereka yang membuat isolasi mandiri menjadi mungkin'.

Monumen berdiri di halaman bekas pabrik Izmeritel di Kholodny Pereulok, dekat stasiun metro Tulskaya, Moskow.

Panitia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka ingin menunjukkan kontribusi para kurur yang terus mengirimkan barang-barang penting di seluruh negeri meski ada pandemi.

Banyak kurir menggunakan sepeda atau skuter untuk menelusuri jalan-jalan yang kosong saat lockdown untuk mengantarkan bahan makanan, paket, dan makanan siap saji.

Melansir The Moskow Times, ada lebih dari 60.000 kurir yang bekerja selama lockdown di Moskow selama pandemi. Meningkatnya jumlah kurir karena permintaan untuk layanan pengiriman meroket.

Permintaan untuk belanja online dan kurir melonjak selama Rusia lockdown pada akhir Maret dan secara bertahap meningkat pada pertengahan Mei 2020.

"Banyak kota di seluruh dunia sedang bersiap untuk memasang monumen untuk menghormati dokter dan sukarelawan. Kami percaya penting juga untuk menyoroti kontribusi para kurir yang terus mengirimkan barang-barang penting di seluruh negeri. Mereka tidak hanya mengirim barang, mereka memberikan kenyamanan dan ketenangan pikiran," kata para perusahaan.

(jps/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK