3 Cara Check In Online Citilink

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 10:39 WIB
Pesawat Citilink Check in online dibuka mulai pembelian hingga 2 jam 30 menit sebelum keberangkatan. Berikut cara check in online Citilink agar tak perlu antre. (Foto: Dok. Akun Facebook Citilink)
Jakarta, CNN Indonesia --

Check in pesawat yang dulunya mengharuskan penumpang antre panjang di bandara, kini bisa lewat online. Salah satu maskapai penerbangan yang telah menerapkan check in online adalah Citilink. Ada dua cara check in online Citilink, yaitu check in melalui web dan aplikasi.

Untuk dapat check in secara online, hanya berlaku untuk tiket pesawat dengan status confirmed, terbayar penuh, atau tidak ada tunggakan pembayaran.

Web check in dan mobile check in dibuka mulai pembelian hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Untuk proses validasinya perlu kode booking berupa enam digit kode dan nama terakhir penumpang pada tiket.


Kendati tidak perlu antre dengan check in online, tak ada hal lain yang berbeda menjelang keberangkatan. Penumpang tetap harus sudah berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan, seperti yang sudah tertera pada boarding pass.

Check in online melalui aplikasi dan web Citilink tidak berlaku untuk penerbangan internasional. Layanan ini khusus untuk penerbangan domestik saja.

Cara Check In Online Citilink melalui Web

Untuk dapat melakukan check in online Citilink, penumpang hanya tinggal mengakses situs resmi Citilink pada laptop atau smartphone masing-masing dan mengikuti prosedurnya. Berikut tahapan check in online via web:

Pesawat komersial maskapai Citilink mendarat di landasan Yogyakarta International Airport (YIA) saat (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
  1. Siapkan tiket pesawat Citilink sesuai nama penumpang dan kode pemesanan yang berisi enam digit kode
  2. Masuk ke laman https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx
  3. Setelah masuk laman itu masukkan enam digit kode pemesanan dan nama belakang penumpang yang tertera pada tiket di kolom yang tersedia, lalu klik dan pilih "Find booking,"
  4. Selanjutnya ada kolom "check in", centang kolom tersebut lalu pilih "continue"
  5. Centang juga kolom konfirmasi yang menyatakan bahwa anda telah membaca dan memahami informasi keamanan yang diberikan. Sebagai catatan ada baiknya baca dan pahami dulu informasi tersebut
  6. Setelah itu klik "continue"
  7. Selanjutnya ada pilihan "check in now," klik itu
  8. Akan ada halaman selanjutnya yang memuat boarding pass dengan nomor tempat duduk yang telah dipilih acak oleh sistem. Boarding pass ini wajib dicetak pada hari keberangkatan.


Cara Check In Online Citilink melalui Aplikasi

Sama mudahnya dengan metode sebelumnya, cara check in online melalui aplikasi hanya tinggal mengunduh aplikasi Citilink pada PlayStore atau iOS. Cara ini lebih praktis karena penumpang tak perlu repot mengetikkan alamat website, cukup dengan membuka aplikasi. Berikut caranya.

Pesawat Citilink beroperasi dari berbagai bandara di Indonesia. (Dok. Citilink)(Foto: www.citilink.co.id)
  1. Buka aplikasi Citilink
  2. Masukkan nomor konfirmasi atau kode booking
  3. Selanjutnya masukkan nama belakang dan alamat e-mail
  4. Pilihan selanjutnya adalah 'find booking'
  5. Lanjutkan proses hingga boarding pass muncul, nantinya akan dikirimkan ke e-mail atau tersimpan di aplikasi


Secara khusus, maskapai Citilink juga bisa melakukan Check In online melalui aplikasi pemesanan tiket online, yakni Traveloka.

Berikut cara check in online melalui Traveloka:

  1. Unduh dulu aplikasi Traveloka jika belum punya
  2. Masuk ke akun Traveloka jika sudah ada, namun jika belum silakan daftar terlebih dahulu dengan menekan "daftar sekarang"
  3. Setelah masuk buka menu "e-tiket Anda"
  4. Melalui "Pesanan" atau "Check in online" pada halaman utama buka "e-tiket" lalu ketuk "check in online"
  5. Isi data-data untuk keperluan check in
  6. Setelah mengisi data, akan diminta menyetujui kebijakan check in online Citilink
  7. Setelah itu ketuk tombol "Check in"
  8. Jika check in berhasil, boarding pass Citilink dapat dilihat melalui e-tiket, selain itu juga akan dikirimkan ke alamat e-mail yang bersangkutan
  9. Lihat boarding pass untuk melihat, mengunduh, atau mengirim boarding pass ke penumpang lain dalam pesanan

Hal selanjutnya yang harus ditempuh setelah check in online adalah penumpang tinggal mengambil boarding pass di konter check in Citilink di bandara.

Agar tidak panik saat di lokasi, persiapkan dokumen perjalanan, daftarkan bagasi di bandara, lihat informasi penerbangan, dan tiba di pintu keberangkatan tepat waktu.

Itu adalah cara check in online melalui web dan aplikasi. Selalu persiapkan semuanya dengan baik dan tak terburu-buru, juga jaga keselamatan selama bepergian.

(ndn/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK