Corolla Cross Disebut Rilis 9 Juli di Thailand

CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 15:00 WIB
LONG POND, PA - AUGUST 01: A Toyota logo is seen on the car of Clint Bowyer, driver of the #15 Maxwell House Toyota, in the garage during practice for the NASCAR Sprint Cup Series Windows 10 400 at Pocono Raceway on August 1, 2015 in Long Pond, Pennsylvania.   Jared C. Tilton/Getty Images/AFP Logo Toyota. (Jared C. Tilton/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Thailand merilis video penggoda pada laman resmi Youtube perusahaan sembari mengumumkan debut sport utility vehicle (SUV) baru yang akan diluncurkan pada 9 Juli.

Merek asal Jepang ini belum mengungkap sepenuhnya identitas produk, namun mobil itu dikabarkan berupa SUV yang bernama Corolla Cross. Mobil ini bakal bersaing dengan Honda HR-V, Mazda CX-30, Subaru XV, bahkan Nissan Kicks di Thailand.

Menurut Headlightmag, sumber terpercaya Toyota mengatakan Corolla Cross diposisikan sebagai SUV B segmen. Thailand akan menjadi negara pertama yang menjual mobil baru itu.


Sejauh ini belum bisa dipastikan Corolla Cross hanya untuk Thailand atau juga dijual di negara Asia Tenggara lainnya seperti di Indonesia.

Informasi lebih detail lagi tentang Corolla Cross yakni dibangun di atas Toyota New Global Architecture (TNGA) C. Platform tersebut sebelumnya telah digunakan C-HR.

Dari segi ukuran, Corolla Cross dipercaya menggunakan wheelbase yang sama seperti C-HR yakni 2.640 mm. Meski begitu Corolla Cross dikatakan punya panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm, sedangkan ground clearance 161 mm.

Ukuran dimensi itu lebih panjang 100 mm, lebih lebar 30 mm, dan lebih tinggi 55 mm dari C-HR.

Paultan menjelaskan Corolla Cross berada di bawah RAV4 yang dirancang memakai TNGA-K.

Sumber tersebut juga mengatakan Corolla Cross akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin berkode 2ZR-FBE 1.800 cc 4-silinder yang mampu memuntahkan 140 hp pada 6.000 rpm dan torsi 175 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut disandingkan dengam transmisi otomatis model CVT.

Pilihan mesin lain yakni 2ZR-FXE 1.800 cc dengan sistem hibrida dan transmisi CVT. Kedua sumber penggerak tersebut saat ini tersedia untuk C-HR Thailand.

Kisaran harga Corolla Cross disebut mulai dari 900 ribu baht atau sekitar Rp419,3 juta untuk varian standar atau non hybrid, sedangkan versi hybrid dipasarkan mendekati 1,2 juta baht atau sekitar Rp559 juta.

[Gambas:Youtube]

(ryh/fea)