Grab Dorong Akselerasi Digital UMKM Lewat Program TerusUsaha

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 10:03 WIB
Grab Indonesia Program #TerusUsaha adalah bagian dari komitmen Grab untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital bagi UMKM pasca Covid-19. (Foto: Grab)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha yang bertujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya di era tatanan baru pasca Covid-19.

Program ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, serta iklan gratis untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan #TerusUsaha adalah bagian dari komitmen GrabForGood untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital bagi UMKM. Mengingat situasi dunia semakin bergantung pada kemampuan digital, sehingga UMKM harus merangkul teknologi agar tak tertinggal.


"Program ini diciptakan untuk mendukung program #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Presiden Joko Widodo. Kami berharap dapat membantu bisnis-bisnis kecil menavigasi era tatanan baru dengan semangat gotong royong. Kami percaya inilah saatnya bagi UMKM Indonesia untuk maju dengan inovasi dan saling menginspirasi untuk dapat bertahan dan bangkit," ujarnya berdasarkan keterangan resmi, Jakarta, Selasa (7/7).

Selain itu, Grab juga meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan juga pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah yang dilakukan Grab dalam mengambil peran untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat digitalisasi.

"Grab telah menjadi mitra yang penting bagi pemerintah selama masa pandemi dan saya senang dengan inisiatif #TerusUsaha yang diluncurkan hari ini untuk mendukung UMKM agar siap menghadapi era tatanan baru. Digitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya," ujarnya.

Airlangga melanjutkan, hal ini tentu dapat direalisasikan dengan kerja sama antara sektor swasta dan sektor publik agar Indonesia dapat melalui masa pandemi.

"Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa ini untuk bergerak maju dan bangkit sebagai kesatuan. Setiap individu harus memainkan peran mereka dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Sektor swasta juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung pemulihan ekonomi," tambah Airlangga.

Sebagai informasi, #TerusUsaha merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab untuk mempercepat digitalisasi bisnis tradisional dan kecil, serta memastikan mereka terlibat dalam ekonomi digital yang berkembang.

(fef)

[Gambas:Video CNN]