Perbandingan 4 Aplikasi Streaming Film Saingan Netflix

CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 17:59 WIB
Ilustrasi pengguna layanan streaming film Netflix Ilustrasi nonton film streaming. (Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telkom Group hari ini (7/7) resmi membuka blokir layanan film streaming Netflix dan sudah bisa diakses untuk para pengguna IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id.

Keputusan itu diambil Telkom karena Netflix berkomitmen untuk menyesuaikan konten dan kebijakan perusahaan agar konten bisa dinikmati oleh orang Indonesia.

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan," jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam keterangan resmi, Selasa (7/7).


Netflix merupakan salah satu layanan streaming film populer saat ini. Selain menyajikan film yang diproduksi oleh rumah produksi papan atas, Netflix juga membuat filmnya sendiri yang disebut Netflix Original.

Beberapa film Netflix Original yang mereka produksi sendiri seperti Stranger Things, Money Heist, House of Cards, dan masih banyak lagi. Selain film-film barat, Netflix juga menyajikan film dari Indonesia seperti Ada Apa Dengan Cinta, Tabula Rasa, hingga Dilan.

Layanan ini bisa diakses dari banyak platform, mulai dari perangkat Android dan iOS sampai perangkat televisi pintar.

Untuk menikmati film-film maupun drama, Anda mesti berlangganan terlebih dahulu. Ada empat pilihan harga untuk berlangganan di antaranya:

- Hanya bisa diakses melalui ponsel dengan harga Rp49 ribu per bulan.

- Basic atau SD Quality, hanya bisa diakses satu perangkat seharga Rp109 ribu per bulan.

- Standar atau HD Quality, bisa diakses dua perangkat secara bersamaan dibanderol Rp139 ribu per bulan.

- Premium dengan kualitas HD, 4K, dan HDR jika ada. Bisa diakses empat perangkat secara bersamaan dan tentunya dihargai lebih mahal yaitu Rp169 ribu per bulan.

Selain Netflix, ada beberapa layanan video on demand yang bisa menjadi pilihan Anda di antaranya:

1. HBO Go

HBO Go merupakan layanan streaming film turunan dari channel televisi HBO.

Film-film yang hadir di HBO Go terbilang cukup beragam, mulai dari Detective Pikachu, Shazam sampai A Star is Born.

Sama halnya dengan Netflix, HBO juga memproduksi film buatan mereka sendiri misalnya Game of Thrones, Sillicon Valley, Veep, dan Chernobyl.

Untuk berlangganan di HBO Go, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp60 ribu per bulan.

2. Iflix

Iflix adalah layanan video on demand yang dibentuk sejak 2014. Di Indonesia sendiri, layanan hadir pada akhir 2015.

Layanan video on demand asal Malaysia ini menyajikan konten yang beragam mulai dari serial televisi, film box office hingga acara khusus anak-anak. Ada empat paket berlangganan yang ditawarkan seperti,

- Daily Plan Rp2 ribu per hari (bayar pakai pulsa)

- Weekly Plan Rp10 ribu per minggu

- Monthly Plan Rp40 ribu per bulan

- Yearly Plan Rp374 ribu per tahun

3. Amazon Prime Videos

Amazon Prime Video adalah layanan streaming film, mirip Netflix dan HBO Go. Film-film yang ditawarkan ada dari studio produksi lain.

Meski begitu, sama seperti Netflix, Amazon juga banyak membeli lisensi atau membiayai produksi film atau disebut Amazon Original.

Beberapa film Amazon Original yang menarik perhatian adalah The Boys, Jack Ryan, hingga dokumenter The Grand Tour.

Harga langganan Prime Video adalah Rp 85.000 per bulan. Untuk pelanggan baru, Amazon Prime memberikan masa percobaan secara gratis selama 7 hari.

Dalam masa ini, pengguna dapat menikmati film dan serial TV layaknya sedang berlangganan secara premium. Setelah masa percobaan gratis selesai, pengguna akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp 85 ribu untuk periode 30 hari.

4. Viu

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media, Hongkong. Layanan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 26 Mei 2016.

Sejumlah pengguna menganggap Viu sebagai sebuah wadah untuk menonton drama, variety show bahkan realaity show 'Korea' namun tidak hanya itu. Perusahaan pun menyajikan sejumlah serial televisi yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang hingga India.

Jika belum berlangganan Viu, pengguna harus diganggu dengan iklan yang ada di layanan. Maka Viu menawarkan tiga paket berlangganan yaitu,

- Promo 1 Minggu Rp10 ribu

- 1 Bulan + 2 Minggu Rp30 ribu

- 2 Bulan + 1 Bulan Rp60 ribu

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]