Grab Fokus Digitalkan UMKM Balikpapan Lewat TerusUsaha

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 09:12 WIB
Mitra Merchant Grab di Balikpapan, Kalimantan Timur Grab mendorong UMKM Balikpapan melakukan digitalisasi lewat Program Terus Usaha ketangguhan ekonomi lokal dapat terus terjaga. (Foto: Dok.Grab)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grab meluncurkan program #TerusUsaha yang dibuat khusus untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Balikpapan agar dapat beradaptasi dan berkembang dalam menyambut tatanan new normal.

Berdasarkan riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, layanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan GrabKios secara keseluruhan berkontribusi sebesar Rp235 miliar pada perekonomian Kota Balikpapan pada 2019.

Melihat hal ini, kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan UMKM terutama bisnis kecil untuk bisa beradaptasi dan berkembang menjadi penting agar ketangguhan ekonomi Balikpapan dapat terjaga.


Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya mengatakan dengan situasi Indonesia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, UMKM Balikpapan harus merangkul teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal.

Salah satunya melalui program #TerusUsaha sebagai langkah konkret Grab untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan jangkauan UMKM dan individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital.

"Kami percaya bahwa inilah saatnya bagi UMKM Balikpapan untuk maju dengan inovasi dan saling menginspirasi untuk dapat bertahan dan bangkit," ujar Halim melalui keterangan resmi, Selasa (7/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur Fuad Assadin menyambut baik program #TerusUsaha dalam memajukan UMKM di wilayahnya.

"Program Grab untuk mendigitalkan UMKM ini diharapkan bisa membuat UMKM di Provinsi Kalimantan Timur tidak ketinggalan dan punya daya saing yang lebih kuat," ujarnya.

Fuad menambahkan, selain kesiapan dalam sisi bisnis, pelaku usaha juga harus siap menghadapi new normal dengan semua orang yang akan lebih sering berbelanja secara online.

"Saya mengucapkan selamat atas peluncuran program #TerusUsaha, serta berharap melalui inovasi dari Grab ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di situasi era tatanan baru," ujarnya.

(fef)

[Gambas:Video CNN]