Situs Eror, Pembeli Kaget Ditagih Bayar 28 Unit Tesla

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 16:00 WIB
Tesla Model 3. Tesla Model 3. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pria di Jerman tak sengaja membeli secara online 28 unit mobil listrik Tesla Model 3 sekaligus. Kejadian ini diakibatkan kesalahan pada website resmi Tesla saat proses pembelian mobil.

Cerita ini sebelumnya diunggah pengguna Reddit bernama Ballon-Man. Menurut dia, mengutip Inquirer pada Selasa (7/7), ayahnya saat itu sedang mencoba membeli satu unit Tesla melalui website resmi perusahaan.

Kata dia ayahnya hendak mengganti mobil dari Ford Kuga ke Model 3. Ayahnya tertarik membeli Tesla sebab ada insentif yang ditetapkan pemerintah setempat terkait pembelian kendaraan listrik. Insentif ini dikatakan berlipat ganda selama pandemi corona (Covid-19).


Setelah mengklik tombol pemesanan, website menanggapi dengan tulisan yang kira-kira bunyinya 'pesanan tidak bisa dilakukan karena masalah pembayaran'. Setelah itu pemesanan diklik berkali-kali selama durasi berjam-jam sampai akhirnya terakhir kali website merespons 'Pesanan diterima'

Pemesan terkejut sebab website Tesla memberitahu tagihan yang keluar untuk 28 unit Model 3 dengan total pembayaran 1.404.000 euro, mengutip Livemint. Lantas pemesan juga mesti membayar 100 euro jika ingin membatalkan pesanan satu mobil, itu berarti 2.800 euro untuk semuanya.

Ia akhirnya meminta klarifikasi kepada Tesla dan berhasil membatalkan pesanan. Perusahaan juga memintanya melakukan pesanan ulang. Meski begitu dia tetap harus membayar 2.700 euro untuk biaya pembatalan 27 unit Model 3 yang terlanjur dipesan.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]