Sebab Kebakaran Mobil, Modifikasi Asal Hingga Ranting Pohon

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 10:05 WIB
Sejumlah mobil terbakar akibat demo rusuh di Komplek Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras. Pemicu mobil terbakar bisa disebabkan faktor eksternal maupun internal. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemicu mobil terbakar bisa disebabkan faktor eksternal maupun internal. Bicara internal umumnya kebakaran dapat disebabkan kerusakan sistem pada mobil.

Faktor eksternal misalnya ulah pemiliknya sendiri, seperti memodifikasi kelistrikan tanpa memperhitungkan dampaknya. Perlu dipahami kebakaran ini dapat terjadi tidak hanya saat kondisi mesin hidup, melainkan ketika mobil dalam kondisi mati saat parkir.

Berikut macam-macam penyebab mobil terbakar tiba-tiba.


Modifikasi kelistrikan mobil

Penyebab kebakaran bisa karena pemasangan aksesori tambahan pada bagian kelistrikan atau memodifikasi kelistrikan. Mengubah instalasi kelistrikan tambahan tidak sesuai standar dapat menyebabkan korsleting yang mengakibatkan kabel meleleh dan terbakar.

Watt bohlam mobil

Mengganti bohlam lampu utama dan lampu kabut dengan watt yang lebih besar dari anjuran pabrikan dapat membuat mobil terbakar. Kapasitas watt lebih besar mengakibatkan panas berlebihan pada rumah lampu, sehingga meleleh dam berujung terbakar.

Parkir di lokasi ranting kering

Parkir di area banyak ranting dan sampah kering dalam keadaan mobil menyala dapat berujung kebakaran. Jika ada benda rentan terbakar seperti kertas, plastik, atau daun bahkan ranting kering kemudian mengenai knalpot, efeknya dapat berpotensi terbakar lalu merambat ke kendaraan.

[Gambas:Instagram]

Meninggalkan korek api gas di dalam mobil

Jika meninggalkan mobil saat sedang parkir terutama di tengah terik matahari, disarankan tidak meninggalkan korek api gas. Ini berbahaya sebab kondisi kabin akan semakin panas dan membuat korek api tersebut seketika meledak menurut keterangan resmi Suzuki Indonesia.

Sementara itu Manajer Product Team Hyundai Motor Asia Pasific HQ Ricky Humisar mengatakan penyebab lain mobil terbakar juga bisa disebabkan kebocoran pelumas mesin.

Saat mesin mengalami panas berlebih atau overheat, sebaiknya pengemudi segera menepikan kendaraan kemudian mematikan mesin.

"Ini jika ada kebocoran [oli atau bahan bakar] bisa memicu kebakaran kalau semisal ada sumber panas di sekitar kebocoran," kata Ricky melalui pesan singkat, Kamis (9/7).

Kata Ricky lagi ada penyebab sepele yang menjadi pemicu mobil terbakar, yakni meninggalkan benda rentan terbakar pada area mesin.

"Misal saat lagi bersih-bersih mobil kemudian lapnya tertinggal di dalam kap mesin. Itu saat mesin panas, kain tersebut dapat kebakar," kata Ricky.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]