Cara Swipe Up di Instagram Stories ala Selebgram

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 17:28 WIB
Instagram Stories Versi Mobile Website. Ilustrasi Instagram. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram, aplikasi yang menduduki peringkat pertama kategori aplikasi gratis populer nomor satu di Play Store per Kamis (9/7) ini, selalu menyediakan wajah baru yang menyegarkan pengguna. Tak heran jika kini, orang marak mencari cara swipe up di Instagram Stories yang merupakan fitur anyar di platform media sosial populer itu.

Instagram yang juga menduduki peringkat kedua kategori aplikasi foto dan video di App Store ini menyediakan fitur swipe up untuk memberikan sentuhan baru dalam instagram stories. 

Mengenal Fitur Swipe Up di Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna memposting foto dan video yang akan hilang setelah 24 jam. Konten yang dibagikan di story tidak akan muncul di profil maupun postingan pengguna Instagram.


Saat ini, pengguna Instagram stories dapat menyisipkan sebuah link atau tautan URL, sehingga dapat mempersilahkan pengikutnya untuk menuju halaman baru atau situs baru melalui satu klik tarikan ke atas di layar smartphone.

Tentu hal ini akan mempermudah promosi suatu produk online shop, pasalnya pengikut hanya butuh mengklik satu kali tarikan ke atas, alih-alih mencari username toko melalui kolom pencarian.

Hal itu tentu saja sangat berguna bagi Selebritas Instagram atau Selebgram untuk menaikkan endorsement pada akunnya, yang membuatnya mendapatkan pundi-pundi rupiah dari aktivitas dan kemudahan fitur itu.  

Kendati demikian, fitur tersebut tak dapat dinikmati secara keseluruhan oleh miliaran pengguna Instagram di seluruh jagat raya ini. Instagram memberikan syarat dan ketentuan tertentu terhadap pengguna yang memiliki 'value' tertentu untuk menikmati fitur tersebut.

Syarat Pengguna Menikmati Fitur Swipe Up  

Instagram tidak memberikan lampu hijau untuk menggunakan fitur ini kepada seluruh pengguna, berikut ini adalah syarat pengguna Instagram yang dapat menikmati fitur Swipe up:

- Pengguna Instagram yang telah terdaftar memakai akun bisnis (Business Profile Instagram) dan memiliki minimal 10 ribu pengikut
- Pengguna akun Instagram biasa yang harus sudah terverifikasi (centang biru)

Cara Swipe Up di Instagram Stories Anti Ribet

Sebelum mengunggah konten insta stories, maka ada baiknya seluruh konten dipersiapkan dengan matang sehingga membuat pengikut tertarik untuk klik fitur swipe up yang disajikan.

Berikut ini adalah tahapan cara swipe up di instagram stories yang dapat dipraktekkan saat ingin mengunggah konten endorsement atau informasi kepada publik lainnya.

1. Login ke akun Instagram pengguna masing-masing dengan status akun bisnis
2. Klik fitur lingkaran paling kiri atas, dan unggah atau rekam foto hingga video
3. Desain postingan tersebut semenarik mungkin dengan GIF dan juga ilustrasi tambahan
4. Kemudian untuk menambahkan link url, klik ikon link (bergambar rantai) yang berada di bagian atas story
5. Klik 'Tambahkan Tautan' untuk menambahkan link halaman dan masukkan URL yang diinginkan
6. Setelah selesai, tinggal publish konten Instagram Stories dengan cara klik 'Cerita Anda' yang berada di bagian sisi bawah.

Tips Menggunakan Fitur Swipe Up di Instagram Stories

Beberapa tips ini dapat dijadikan referensi saat pengguna bingung menggunakan fasilitas Instagram yang satu ini. Tips yang akan diulas ini juga mampu membuat aktivitas konten di Instagram pengguna semakin menarik dan memiliki daya guna yang bermanfaat.

1. Promosi Produk atau Jasa

Strategi marketing Instagram yang satu ini sangat patut diapresiasi oleh para selebgram. Dalam hal ini selebgram diberikan kemudahan untuk mempromosikan jasa atau barang melalui sekali klik tarik.

Tentunya jika trik ini berhasil dan online shop mendapatkan banyak pesanan, maka 'value' yang dimiliki selebgram akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya online shop yang memilih jasa Selebgram untuk memasarkan barangnya.

2. Promosi Tulisan di Blog

Fitur ini juga sangat cocok digunakan oleh para Blogger. Alih-alih menyalin link tulisan blog ke bio di profil, fitur ini tentu sangat terasa lebih mudah dan menguntungkan.

3. Share Berita Penting

Pengguna juga dapat menyisipkan link berita atau informasi penting baik informasi baik maupun kurang baik melalui fitur swipe up di unggahan Instagram Stories ini.

4. Rekomendasi Video, Film hingga Musik

Pengguna juga dapat menambahkan link youtube ataupun situs legal nonton film, tentunya hal ini mengasyikkan ketika pengguna merupakan seorang reviewer film yang memiliki banyak followers setia.

Nah, pengguna yang telah mengetahui persyaratan dan cara swipe up di instagram stories tentu akan lebih mudah memaksimalkan fitur yang difasilitasi oleh Instagram.  

Gunakan fitur sebaik-baiknya untuk menyebarkan kebaikan dan keuntungan daripada menyebarkan hal negatif melalui unggahan rekomendasi di Instagram Stories, ya.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]