Cara Menebalkan, Mencoret, dan Memiringkan Huruf di WhatsApp

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 20:52 WIB
Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir Makki Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak semua pengguna aplikasi kirim pesan instan WhatsApp mengetahui trik dan cara menebalkan, mencoret dan memiringkan huruf di WhatsApp.

Pasalnya WhatsApp tidak menyediakan fitur berupa tombol khusus layaknya seperti penulisan di body Gmail dan Microsoft word yang melibatkan variasi huruf seperti Bold untuk menebalkan huruf, italic untuk membuat tulisan miring, hingga underline untuk membuat garis bawah.

Namun faktanya, WhatsApp telah memiliki fitur formatting text atau customize format huruf untuk merubah tulisan menjadi tebal, miring hingga tulisan yang dicoret (strikethrough).


Fitur tersebut sebenarnya sudah dirilis WhatsApp sejak tahun 2016 lalu namun cukup banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa trik cara menebalkan, mencoret, dan memiringkan huruf di WhatsApp.

Cara Menebalkan atau Bold Huruf di WhatsApp

Untuk membuat teks di pesan WhatsApp menjadi cetak tebal, pengguna dapat menambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang tulisan yang diinginkan, misalnya *CNNIndonesia*

Cara Mencoret atau Strikethrough Huruf di WhatsApp

Untuk membuat efek tulisan di pesan WhatsApp memiliki coretan di tengah hurufnya, maka pengguna harus menambahkan tanda tilde (~) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya ~CNNIndonesia~

Cara Memiringkan atau Italic Huruf di WhatsApp

Untuk membuat tulisan di pesan WhatsApp berubah menjadi cetak miring, maka tambahkan tanda underscore (_) di depan dan belakang tulisan yang diinginkan, misalnya _CNNIndonesia_

Kode ini juga bisa dipakai WhatsApp versi desktop atau WhatsApp Web Client. Namun, format huruf-huruf di atas (bold, italic, dan strikethrough) hanya akan muncul di versi aplikasi mobile. Adapun cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui permainan di keypad smartphone sebagai berikut:

- Android, pengguna dapat memodifikasi huruf menjadi ketiga jenis gaya dengan mengetuk dan menahan tulisan kemudian pilih 'Lainnya' dan pilih antara huruf tebal, miring, dan dicoret.

- iOS, pengguna dapat mempraktekkannya dengan cara mengetuk dan menahan tulisan kemudian pilih  'BIU' dan pilih antara huruf tebal, miring, dan dicoret.

Cara membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Untuk semakin mempercantik gaya penulisan di aplikasi WhatsApp, pengguna ternyata juga bisa mewarnai tulisan di WhatsApp, sehingga tampilan yang terbaca tidak hanya monoton tulisan berwarna hitam, dengan cara sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi 'Text Art' baik melalui smartphone tipe Android maupun iOS
2. Install aplikasi dan buka aplikasi jika proses pemasangan selesai
3. Ketik tulisan di kolom yang disediakan, lalu klik 'Ok'
4. Pilih fitur 'Change colors' untuk memberikan efek perubahan warna pada huruf
5. Pilih warna sesuai dengan palet warna yang tersedia
6. Setelah memutuskan warna yang dipilih, klik menu 'Back' dan klik 'Send TextArt' untuk mengirim hasil editan warna ke WhatsApp pengguna
7. Pengguna akan dihubungkan ke WhatsApp, kemudian pilih kontak yang ingin dikirim pesan berwarna
8. Klik 'send'

Nah, beberapa trik yang telah diulas mengenai cara menebalkan, mencoret dan memiringkan huruf di WhatsApp dapat pengguna jadikan referensi untuk membuat gaya penulisan dalam berpesan tidak monoton.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan versi WhatsApp yang dimiliki pengguna adalah versi terbaru, minimal 2.12.17 untuk versi iOS dan 2.12.5 untuk versi Android.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]