Tentara India Dilarang Pakai 89 Aplikasi, PUBG Hingga Tinder

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 10:49 WIB
Bangkok, Thailand - July 22, 2019 : iPhone user touching Tinder logo on iPhone screen to open the app. Ilustrasi tinder (iStockphoto/Wachiwit)
Jakarta, CNN Indonesia --

India meminta seluruh personel tentara angkatan darat mereka untuk menghapus 89 aplikasi di ponsel, termasuk PUBG, Facebook, Instagram, Reddit, dan Tinder.

Pelarangan ini dilakukan dengan dalih masalah keamanan siber. Daftar 89 aplikasi ini termasuk 59 aplikasi asal China yang dilarang pemerintah India pada minggu lalu.

Personel Angkatan Darat India diberikan batas waktu hingga 15 Juli untuk menghapus 89 aplikasi tersebut. Seorang tentara mengatakan langkah ini diambil untuk mencegah operasi lembaga intelijen dari China dari Pakistan.


Sebelumnya, pada Januari lalu, Angkatan Laut India melarang penggunaan ponsel pintar dan aplikasi media sosial di pangkalan dan kapal Angkatan Laut.

Kebijakan ini muncul setelah insiden tahun lalu yang melibatkan kelompok NSO yang berbasis di Israel yang mengeksploitasi kerentanan di WhatsApp untuk pengintaian.

Tak hanya itu Angkatan Darat juga melarang pejabat militer untuk menggunakan Facebook dan WhatsApp. Itu juga meminta pejabat lain untuk tidak membahas hal-hal sensitif pada aplikasi pesan lainnya.

Dilansir TNW, masuknya aplikasi kencan seperti Tinder, Hinge, dan Bumble dalam daftar larangan tidak sepenuhnya mengejutkan. 

Sebab tahun lalu, Angkatan Darat India menemukan setidaknya 150 profil yang terhubung ke Pakistan, menyamar sebagai perempuan atau pemimpin agama di berbagai aplikasi. Profil bodong ini mencoba untuk menjebak petugas polisi agar bisa memberikan informasi tertentu.

Dilansir dari NDTV, Snapchat, Tinder, OkCupid, Browser UC, Bumble, ShareIt, Xender, Helo, CamScanner, Club Factory turut masuk dalam daftar larangan.

Daftar aplikasi yang dilaporkan diminta oleh personil militer India untuk dihapus dari ponsel cerdas mereka dibagi menjadi beberapa kategori.

Aplikasi pesan yang terdiri dari We Chat, Helo, Share Chat, Viber, IMO, hingga Hike. Aplikasi video streaming seperti TikTok, Likee, Samosa, hingga Kwali.

Kemudian aplikasi utilitas, seperti CamScanner, Beauty Plus, dan True Caller. Kemudian aplikasi game seperti PUBG hingga Clash of Kings.

Aplikasi e-commerce seperti Club Factory, AliExpress, hingga Chinabrands. Aplikasi kencan Tinder, OkCupid, Badoo, Bumble, Happn, hingga Couch Surfing.

Aplikasi berita seperti News Dog dan Daily Hunt, aplikasi gaya hidup seperti POPXO, aplikasi musik seperti Hungama dan Songs, hingga aplikasi blogging / blog mikro seperti Tumblr hingga Reddit.

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]