Cegah Corona, Semua Mobil Merek Malaysia Pakai Filter N95

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 18:07 WIB
Proton X70 bakal dilengkapi saringan udara kabin N95. Proton X70 dilengkapi saringan udara kabin N95. (Dok. proton.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Merek mobil asal Malaysia, Proton, membuat terobosan baru pada masa pandemi Covid-19 dengan memasang filter (saringan udara) kabin bersertifikat N95 di semua produknya.

Filter ini sebelumnya hanya disematkan perusahaan pada mobil premiumnya yakni sport utility vehicle (SUV) X70. Namun kini model Proton yang lain, yakni Saga, Persona, Iriz, dan Exora juga memperoleh perangkat yang sama.

Proton X70.Foto: Lim Jae Hann
Proton X70.

Proton mengatakan filter kabin N95 mampu menghilangkan 95 persen partikel yang lebih besar dari 0,3 mikron dan 98 persen partikel PM2.5. Ini membuat partikel asap, debu, bakteri, dan polutan lainnya mampu tersaring.


Laporan Paultan menyebutkan perangkat ini bakal tersedia serentak pada mobil-mobil Proton di Malaysia tanpa dipungut biaya tambahan per 9 Juli.

Bagi pengguna Proton yang belum dilengkapi perangkat ini juga dapat memperolehnya. Perusahaan memberikan promo harga khusus yakni potongan harga 15 persen sampai 9 Oktober 2020.

X70 sebelumnya juga dikatakan menggunakan saringan udara kabin N95 berteknologi Geely yang sudah dipublikasi pada Februari. Saat ini Proton dikendalikan perusahaan China, Geely, dengan kepemilikan 49,9 persen.

Produk pertama Geely dengan teknologi itu bernama Icon yang dilengkapi Air Purification System (IAPS). Fitur IAPS ini diklaim sudah tersertifikasi N95.

IAPS bekerja sama dengan pengatur suhu kabin (AC) untuk membasmi elemen berbahaya di kabin termasuk bakteri dan virus. Mengutip Zigwheels, Geely menjelaskan embusan udara yang keluar dari AC dan IPAS secara otomatis membasmi virus mematikan, contohnya SARS CoV-2 penyebab Covid-19.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]