Fakta Pesawat Supersonik Concorde yang Siap Terbang Lagi

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 15:03 WIB
Pesawat Concorde (Dok. commons.wikimedia.org) Ilustrasi pesawat Concorde. (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Concorde merupakan pesawat supersonik komersial pertama yang dikembangkan bersama oleh Inggris dan Prancis tahun 1969. Pesawat ini terbang pertama kali pada 26 September 1973 dan resmi menjadi pesawat komersial pada 21 Januari 1976.

Saat itu, maskapai British Airways menggunakan pesawat Concorde untuk melayani perjalanan dari London, Inggris ke Bahrain. Sementara Air France melayani perjalanan dari Paris, Prancis ke Rio de Janeiro, Brasil.

Tahun 1976 perusahaan itu menambahkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat dan setahun kemudian tepatnya 1977 melayani rute ke kota New York. Seiring berjalan waktu, produksi pesawat Concorde mengalami kerugian finansial yang mengharuskan British Airways dan Air France memotong rute perjalanan.


Pada akhirnya, kedua maskapai hanya melayani satu rute perjalanan yaitu ke New York, AS, seperti dilansir Britannica.

Pesawat Concorde hanya bertahan sampai tahun 2000-an. Air France menghentikan pengoperasian pesawat ini pada Mei 2003 lalu disusul lima bulan kemudian oleh British Airways tepatnya pada Oktober 2003.

Saat kiprah Concorde mencapai usia 50 tahun, perusahaan Boom Supersonic yang berbasis di Denver, Kolorado, AS mengumumkan akan meluncurkan jet supersonik XB-1.

Jet supersonik komersial XB-1 dijadwalkan bakal diperkenalkan pada 7 Oktober 2020 dan akan melakukan uji coba pertama tahun 2021 mendatang.

Langkah ini diyakini akan membantu membuka kembali jalan bagi penerbangan komersial pertama sejak pesawat Concorde legendaris melakukan penerbangan terakhir pada 2003 silam.

"XB-1 adalah langkah pertama dalam membawa perjalanan supersonik kembali ke dunia," kata Pendiri sekaligus CEO Boom Supersonic, Blake Scholl dikutip CNN.

"Penerbangan dengan kecepatan dua kali lipat berarti kita dapat melakukan perjalanan dua kali lebi jah dan membawa lebih banyak orang," sambungnya.

Sebelum mengenal jet supersonik XB-1, berikut fakta-fakta terkait pesawa supersonik Concorde legendaris pertama, seperti dilansir Aerotime:

1. Concorde memiliki kecepatan lepas andas 220 knot atau 250 mph dan kecepatan jelajah 1350 mph serta dapat mencapai ketinggian lebih dari 11 mil, sementara kecepatan pendaratannya 187 mph.

2. Penerbangan komersial terdiri dari sembilan awak pesawat yang terdiri dari dua pilot, satu insinyur penerbangan, dan enam pramugari. Pesawat ini dapat menampung sampai 100 penumpang.

3. Rute perjalanan Concorde terakhir adalah dari New York, AS ke London, Inggris pada 24 Oktober 2003.

4. Badan pesawat menggunakan cat berwarna putih khusus untuk menyesuaikan perubahan suhu dan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh penerbangan supersonik.

5. Selama beroperasi, pesawat Concorde telah melakukan perjalanan lebih dari 50 ribu penerbangan.

6. Rekor penerbangan yang sempat dipecahkan pesawat ini adalah pesawat Concorde dengan nomor penerbangan BA Concorde terbang dalam waktu 29 jam 59 menit dan melakukan penerbangan selama 28.234 mil pada 8 November 1986.

7. Salah satu kisah tragis dalam sejarah Concorde terjadi pada 25 Juli 2000. Sebuah penerbangan yang berangkat dari Paris menabrak sepotong titanium yang jatuh dari pesawat lain. Akibatnya, tangki bahan bakar pesawat lalu pesawat jatuh dan menewaskan semua penumpang.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]