Kawasaki ZX-25R Debut Dunia, Harga Tembus Rp100 juta

fea, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 16:03 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R di Tokyo Motor Show 2019. Kawasaki Ninja ZX-25R. (Dok. tokyo-motorshow.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya meluncurkan Ninja ZX-25R secara resmi di Indonesia secara virtual, Jumat (10/7). Indonesia merupakan negara pertama yang memproduksi, meluncurkan, dan menjual motor fairing 250 cc 4-silinder ini di dunia.

ZX-25R adalah hasil evolusi motor kelas 250 cc di Indonesia yang awalnya 1-silinder, kemudian menjadi semakin populer menggunakan 2-silinder mulai 2008, dan kini tersedia opsi 4-silinder.

ZX-25R dirancang menggunakan rangka teralis baru yang dibuat terinspirasi versi motor balap ZX-10R. Moge versi produksi massal yang dimodifikasi khusus balapan ini sudah memenangkan Kawasaki di ajang World Superbike lima kali berurutan.


Penggunaan rangka itu diklaim membuat pengendalian ZX-25R mirip ZX-10R saat menikung. Hal itu juga didukung suspensi belakang horizontal back-link yang mirip ZX-10R dan suspensi depan upside down diameter 37 mm berteknologi SFF-BP.

Ada banyak aura balap pada ZX-25R, misalnya pada jalur udara (ram air) di bagian tengah depan, winglet, air duct samping, serta desain knalpot pendek.

Spidometer memiliki tampilan digital, sementara tachometer analog. Fitur lain pada instrument cluster yakni indikator gigi, konsumsi bahan bakar, temperatur, serta penampang teknologi lainnya termasuk power mode, KTRC, dan eco riding.

Mesin ZX-25R mempunyai mesin 249 cc 4-silinder segaris yang menghasilkan 49 hp jika menggunakan ram air dan 50 hp tanpa ram air. KMI mengklaim motor ini mampu dipacu hingga 17 ribu rpm di sirkuit.

Ada dua varian ZX-25R, yakni standar dan Special Edition. Khusus varian Special Edition dilengkapi fitur Antilock braking system (ABS), KTRC dan KQS, serta aksesori seperti single seat cover, tameng angin warna hitam, frame slider, dan wheel rim tape.

Sementara pilihan warna ada empat, yaitu metallic spark black, lime green, metallic spark black, dan candy plasma blue.

KMI menetapkan harga ZX-25R varian standar Rp96 juta, sedangkan Special Edition Rp112,9 juta. Harga itu berlaku on the road di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang.

KMI sudah menyatakan pemesanan bakal dibuka pada 11 Juli. Pengiriman unit ke konsumen dikatakan bakal dilakukan pada Agustus 2020.

(fea)

[Gambas:Video CNN]