Aplikasi Tokopedia, Shopee, Spotify Bermasalah di iPhone

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 20:11 WIB
Bangkok, Thailand - July 22, 2019 : iPhone user touching Tinder logo on iPhone screen to open the app. Ilustrasi (iStockphoto/Wachiwit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah aplikasi di sistem operasi iPhone, iOS, bermasalah. Pengguna melaporkan mereka tak bisa membuka aplikasi ecommerce lokal, Tiktok, hingga Spotify.

Di Indonesia apliaksi ecommerce seperti Shopee hingga Tokopedia juga tak bisa dibuka. Sementara pengguna lain mengeluh aplikasi seperti Pinterest dan Tinder pun bermasalah.

Masalah ini ternyata terkait dengan masalah pada SDK Facebook. SDK ini banyak digunakan oleh aplikasi-aplikasi itu untuk mengelola login pengguna.


"Kami menyadari dan sedang menyelidiki peningkatan kesalahan pada SDK iOS yang menyebabkan beberapa aplikasi mogok," kata Facebook dikutip The Verge

Keluhan datang dari warganet di media sosial Twitter di Indonesia, salah satunya akun @imamsuwatno. Ia mengunggah cuplikan video saat berusaha membuka  aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli tetapi tidak bisa dibuka.

Imam sendiri merupakan pengguna iPhone 11 Pro dan memakai operator Indosat Ooredoo. Namun ia mengaku sudah kembali normal.

"Ini baru coba lagi, sekarang sudah bisa dibuka beberapa aplikasi yang tadi tidak bisa," kata Imam saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (10/7) malam.

Selain Imam, ada juga akun @glrhn yang mengaku tidak bisa membuka aplikasi seperti Tokopedia, ia pun sudah berusaha untuk menginstall ulang aplikasi tetapi tetapi tidak bisa dibuka.

Saat dikonfirmasi apakah sudah kembali normal, Rahan mengaku sudah bisa dibuka tetapi ada peringatan yang bertuliskan, 'Tokopedia iOS sedang tidak dapat diakses. Mohon cek aplikasi secara berkala'.

Galih Anis Pratiwi yang juga pengguna iOS menuturkan ia tidak bisa membuka aplikasi streaming musik Spotify menggunakan jaringan XL.

"Spotify tidak bisa. Tiba-tiba tadi keluar sendiri tapi kalau aplikasi lain bisa aja," kata Galih.

(din/eks)

[Gambas:Video CNN]