Facebook Uji Coba Dark Mode di Smartphone

CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 02:48 WIB
Fitur Mode Gelap Facebook Ilustrasi Facebook Dark Mode. (Screenshot via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook menguji coba fitur dark mode untuk aplikasi selulernya setelah sebelumnya meluncurkan mode gelap itu di desktop. Saat ini Facebook telah meluncurkan dark mode bagi segelintir orang di seluruh dunia.

Versi mobile dark mode yang diluncurkan Facebook bulan lalu di desktop bertujuan untuk menghilangkan cahaya biru atau blue light yang bisa merusak mata.


Selain itu, fitur dark mode dimaksudkan untuk mengurangi silau, khususnya di lingkungan yang kurang cahaya. Facebook belum mengumumkan tanggal peluncuran fitur dark mode untuk pengguna seluler.

Berdasarkan pengguna yang telah mendapatkan fitur dark mode seluler, dark mode bisa dinyalakan di ikon 'tiga garis horizontal bertumpuk' yang berada di kanan bawah layar.

Kemudian pengguna bisa menemukan fitur 'Dark Mode' setelah 'Your Time on Facebook'.

Dilansir dari The Verge, cukup mengejutkan Facebook memakan waktu lama untuk meluncurkan versi dark mode di seluler. Sebab aplikasi yang dimiliki Facebook seperti Instagram dan WhatsApp sudah memiliki dark mode, termasuk Facebook Messenger.

Dilansir dari The South African, Twitter sudah lama telah memiliki versi night mode untuk aplikasi Android dan iOS. Google bahkan meluncurkan dark mode untuk aplikasinya pada awal tahun ini.

Variasi mode cahaya rendah dan gelap memungkinkan pengguna untuk mengubah warna latar belakang jendela aplikasi menjadi hitam.

Fitur ini cukup populer karena membuat aplikasi lebih mudah dilihat oleh beberapa pengguna. Versi mode gelap juga dapat membantu menghemat baterai di ponsel.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]