7 Cara Memperkuat Sinyal Jaringan Smartphone Tanpa Aplikasi

khr & Tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 09:55 WIB
Ilustrasi iPhone Sinyal yang buruk dapat menghambat kinerja saat menggunakan smartphone. Ketahui cara memperkuat sinyal jaringan pada smartphone tanpa perlu mengunduh aplikasi.(Foto: Pixabay/Jeshoots)
Jakarta, CNN Indonesia --

Permasalahan sinyal buruk memang menjadi hal klasik dari segala keluhan para pengguna handphone dan smartphone dari dulu. Tak ayal, banyak orang mencari trik jitu dan cara memperkuat sinyal jaringan pada smartphone.

Pasalnya, sinyal yang buruk dapat menghambat kinerja atau mengoperasikan smartphone, seperti panggilan telepon yang tak lancar dan terputus-putus, pesan (chat) yang dikirim dan masuk tertunda alias pending, hingga kerap buffering saat menonton tontonan kesayangan di YouTube.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa trik dan cara memperkuat sinyal jaringan pada ponsel yang dapat dicoba oleh pengguna saat menghadapi kendala sinyal jelek.


1. Aktifkan Mode Pesawat

Mode Pesawat atau airplane mode adalah kondisi yang dapat dimanfaatkan untuk kembali memperkuat jaringan. Daripada menonaktifkan gawai dan menyalakannya kembali, pengguna dapat memilih opsi yang satu ini.

Ketika pengguna ponsel mengaktifkan mode pesawat, secara otomatis hal itu berguna untuk me-refresh perangkat dalam beberapa saat. Cara ini dipercaya menyegarkan koneksi di smartphone dan membuat kekuatan sinyal semakin bertambah.

2. Memaksimalkan WiFi

WiFi System Deco M5 adalah contoh produk IoT yang mulai diperkenalkan di Indonesia.Wifi dapat memperkuat jaringan sinyal smartphone karena bandwith yang besar (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)

WiFi (Wireless Fidelity) merupakan trik paling ampuh untuk memperkuat jaringan pada smartphone pengguna saat sedang berselancar di dunia internet. Alih-alih menggunakan paket data operator biasa, pengguna dapat mengunduh file besar ke dalam perangkat, sebab WiFi memiliki kecepatan dan bandwidth yang besar.

Baik pengguna ponsel Android dan iOS dapat mengaktifkan WiFi pada perangkatnya masing-masing dengan klik ikon khas WiFi yang biasanya berupa ikon sinyal.

3. Charge Baterai

Siapa sangka jika kondisi baterai yang prima juga bisa mempengaruhi efek penguatan sinyal jaringan pada smartphone meski tidak terlalu signifikan, namun cara yang satu ini tetap patut dicoba.

Selain itu jangan lupa untuk selalu waspada saat melakukan pengisian daya baterai smartphone, pasalnya pengisian yang maksimum juga tidak dianjurkan. Oleh sebab itu, jangan biarkan ponsel dalam kondisi diisi daya baterai saat tidur, ya.

4. Hindari Penggunaan Case Penutup Sinyal

Realme XPenggunaan case yang tebal dapat menghambat sinyal. Gunakan case tipis untuk memperkuat jaringan sinyal smartphone (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Pelindung atau case smartphone yang terlalu tebal di bagian antena sinyal ternyata dapat mengakibatkan performa sinyal jelek. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi pengguna untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan case yang terlalu tebal atau apapun yang dapat menutup antena penerima sinyal.

Coba gunakanlah case ringan atau yang memiliki bagian terbuka di antara area antena sinyal.

5. Update Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi ternyata memiliki peranan yang penting dalam penguatan sinyal pada ponsel. Oleh sebab itu, pengguna hp dengan sistem operasi baik Android maupun iOS harus sering melakukan update.

Pasalnya, dengan update yang dilakukan, maka akan memungkinkan hp memperbaiki sistem yang bermasalah dan dapat mengoptimalkan kinerjanya selama digunakan, salah satunya sinyal yang bermasalah.

6. Cara Memperkuat Sinyal Jaringan Smartphone dengan Pindah Lokasi

Ilustrasi Main LaptopCari spot strategis seperti dekat jendela adalah cara klasik memperkuat jaringan sinyal smartphone yang ampuh dan masih diterapkan sampai sekarang (Foto: StartupStockPhotos/Pixabay)

Pindah lokasi untuk mencari spot atau titik sinyal yang kuat dapat dicoba oleh pengguna. Apalagi beberapa wilayah di Indonesia, masih banyak yang belum dijangkau oleh sejumlah provider atau penyedia layanan komunikasi.

Ada Pula yang hidup di perkotaan namun sinyal masih terhalang dan samar-samar ditemukan. Oleh sebab itu, pengguna dapat mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut untuk melakukan pemeriksaan kekuatan sinyal di dalam lokasi.

Untuk pengguna iOS, dapat mencobanya dengan masuk ke mode field test dengan cara dial ke 3001#12345#.

Untuk pengguna Android, pengguna cukup mengakses menu 'Setting', kemudian cari menu 'Status', lanjutkan dengan 'SIM Status'

Jika pengguna mendapatkan nilai sinyal -100dBm artinya masih mendapatkan sinyal dengan kualitas jelek, sedangkan jika smartphone menunjukkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal di smartphone pengguna sudah baik.

7. Ganti Provider

Tidak semua provider selalu memfasilitasi kekuatan sinyal terbaik di setiap penjuru tanah air. Jika pengguna merasa selalu dibuat kesal dengan sinyal yang buruk.

Maka tak ada salahnya, pengguna menjajal provider baru untuk membuktikan, smartphone atau memang layanan provider yang menyebabkan sinyal 'bapuk'

Nah, tujuh cara memperkuat sinyal jaringan pada ponsel tersebut dapat pengguna praktikan masing-masing di rumah.

Tentunya kondisi sinyal yang kuat merupakan surga tersendiri bagi pengguna yang sedang bosan menjalani rutinitas, terutama di masa pandemi virus corona (Covid-19).

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]