Arti Maung, Nama Rantis Buatan Pindad yang Diberikan Prabowo

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 18:15 WIB
rantis 4x4, maung, pindad Rantis 4x4 buatan Pindad diberi nama Maung oleh Prabowo Subianto. Dok. Pindad)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama Pindad Abraham Mose menjelaskan penamaan Maung untuk kendaraan taktis (rantis) terbaru perusahaan murni hasil pemikiran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menurut Abraham, Prabowo punya alasan tersendiri mengenai pemilihan nama itu.

Abraham mengatakan rantis sebagai mobil tempur jarak dekat tersebut mulanya tak memiliki nama. Kemudian Abraham meminta Prabowo memberikan nama yang pas.

"Asal muasalnya itu kosong tidak ada nama, terus saya bilang ke pak menteri tolong berikan nama untuk kendaraan ini, karena beliau senang," kata Abraham saat dihubungi, Senin (13/7).


rantis 4x4, maung, pindadPindad Maung. (Dok. Pindad)

Menurut dia Prabowo sempat 'berpikir keras' menentukan nama. Semua nama yang diusulkan Prabowo merujuk binatang khas Indonesia.

"Mikir-mikir macem-macem yang keluar, ada Nusantara, Harimau, Komodo, dan semuanya sudah ada. Tapi beliau langsung, 'Bagaimana kalau Maung'," ungkap Abraham.

Abraham bilang alasan Prabowo menetapkan nama Maung sebab mobil tersebut akan diproduksi di pabrik Pindad di Bandung, Jawa Barat dengan bahasa daerah Sunda. Maung dalam bahasa Sunda artinya harimau.

"Ya karena lahirnya atau produksi di Bandung. Dua hari mikirin itu dan akhirnya tetapkan nama itu," kata Abraham.

Abraham bilang nama yang diberikan Prabowo itu sesuai karena mobil tersebut memiliki kemampuan seperti harimau yakni pertempuran jarak dekat saat menangkap mangsanya.

"Makanya Maung itu kan artinya harimau. Jadi Maung ini yang galak saat keperluan perang jarak pendek, di dalam ada perajurit kemudian pintu dapat dilepas dalam waktu kurang empat menit, pintu dibuka langsung tembak. Jadi Maungnya ngamuk lah," kata Abraham.

Maung memiliki spesifikasi panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm. Sementara jarak whellbase 3.090 mm.

Maung dibekali mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV produksi Toyota yang ada pada pikap kabin ganda Hilux. Mesin itu menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm yang ditransfer ke semua roda dengan sistem gerak 4WD melalui transmisi manual 6-percepatan.

Mobil seperti jenis SUV ini hanya bisa mengangkut empat personel dengan total berat mencapai 2 ton. Maung sudah dilengkapi dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu 552-V4.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]