Cara Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 14:24 WIB
Fitur live location Whatsapp Share Live Location telah dienkripsi guna memastikan keamanan pengguna. Berikut cara menggunakan Fitur Share Location WhatsApp di perangkat Android dan iPhone. (Foto: Screenshot via Aplikasi Whatsapp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi berkirim pesan online WhatsApp Messenger memberikan akses bagi pengguna di Indonesia per 2017 untuk bisa berbagi lokasi terkini atau share live location. Cara menggunakan fitur share location di WhatsApp ini pun sederhana. Pengguna dapat membagikan lokasi terkini (real-time) kepada pengguna lain hanya dengan sekali klik.

Product Manager WhatsApp Zafir Khan mengatakan fitur share live location merupakan cara berbagi lokasi melalui fitur chat personal maupun grup yang ditunjukkan dalam peta atau maps. "Ini sifatnya jangka pendek dan durasinya terbatas," ujarnya, mengutip Express.

WhatsApp memberikan opsi share location dalam tiga rentang waktu. Mulai dari 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. Jika pengguna memilih rentang waktu berbagi lokasi selama 15 menit, maka orang yang menerima lokasi Anda dapat melacak pemberi lokasi selama 15 menit. Begitu pun jika memilih opsi 8 jam, layanan berbagi lokasi itu baru akan nonaktif setelah 8 jam.


Melansir dari laman resmi, Fitur Share Location ini telah dienkripsi secara end-to-end guna memastikan privasi dan keamanan pengguna. Ini berarti pengirim dapat mengontrol penuh siapa saja yang dapat melihat atau melacak lokasi dan kapan mereka bisa melihatnya. 

Untuk menggunakan Live Location, mulailah obrolan dengan orang atau grup yang ingin Anda bagikan lokasi. Anda akan menemukan opsi baru "Bagikan Lokasi Langsung" di bawah "Lokasi" ketika Anda menekan tombol "Lampirkan".

Anda dapat memutuskan berapa lama Anda ingin membagikan lokasi Anda, dan kemudian tekan "Kirim." Jika Anda ingin berhenti membagikan lokasi sebelum waktu habis, Anda dapat memilih untuk melakukannya kapan saja. Dan jika beberapa orang dalam grup Anda berbagi lokasi mereka satu sama lain, semuanya akan terlihat di peta yang sama.

Akses ini bisa juga berguna seperti tombol darurat, artinya pengguna lain yang telah mendapat lokasi bisa melacak keberadaan orang yang memberi akses lokasinya.

Misal, seseorang tiba-tiba dibawa ke suatu tempat oleh orang yang tidak dikenal ke suatu tempat, orang itu bisa menggunakan fitur ini kemudian membagi lokasi kepada orang yang bisa menyelamatkannya. Fitur kemudian akan terus memberi pembaruan terkait orang yang dibawa orang tidak dikenal tadi.

Untuk mempelajari selengkapnya mengenai keamanan Anda di WhatsApp, pengguna bisa kunjungi Keamanan WhatsApp. Selain itu bisa juga membaca Kebijakan Privasi mengenai penggunaan fitur ini.

Cara Menggunakan Fitur Share Location

Fitur baru WhatsAppCara menggunakan fitur share live location adalah mengaktifkan izin menyalakan lokasi kemudian membuka obrolan chat  (Foto: Eno)

Pertama, pengguna harus mengaktifkan izin lokasi untuk WhatsApp dengan membuka Settings/Pengaturan, lalu pilih Aplikasi dan Pemberitahuan (Notification) > Izin (Permission) > Lokasi > nyalakan WhatsApp.

Cara kedua, pengguna juga dapat membuka Pengaturan, Aplikasi dan Pemberitahuan, WhatsApp, Izin, nyalakan Lokasi.

Untuk berbagi Live Location WhatsApp, mulailah dengan membuka obrolan chat atau grup.

Kemudian pilih Lampirkan, Lokasi, Bagikan lokasi langsung.

Pilih lama waktu Anda ingin membagikan lokasi langsung Anda, artinya lokasi Anda akan berhenti dibagikan setelah jumlah waktu yang dipilih.

Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan komentar.

Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp Melalui Android:

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan WhatsApp untuk mengakses lokasi sang pengguna, caranya ialah dengan masuk pada bagian setting atau setelan telepon, kemudian masuk pada menu "Aplikasi & Notifikasi" kemudian "Lanjutan".

Ada beberapa pilihan, pilih "Izin aplikasi", kemudian akan mengarah ke "Lokasi", di sana lihat WhatsApp, kemudian pilih "nyalakan WhatsApp". Selanjutnya lakukan langkah berikut untuk menggunakan fitur share location di WhatsApp melalui Android:

  1. Buka chat individual atau grup
  2. Ketuk lampiran bagian bawah kolom chat atau simbol penjepit kertas
  3. Ada beberapa pilihan, pilih "Lokasi", kemudian pilih "Berbagi Lokasi Terkini"
  4. Pilih periode waktu untuk berbagi lokasi tersebut
  5. Selanjutnya tekan "Kirim"

Bila ingin berhenti berbagi share location tadi, berikut cara yang bisa dilakukan:

  1. Buka chat pada tempat mengirim lokasi tadi
  2. Pada bagian lokasi ada tulisan "Berhenti Berbagi" berwarna merah, pilih itu, kemudian pilih "Stop"

Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp melalui iPhone

Selain melalui Android, fitur ini juga bisa digunakan oleh pengguna iPhone, berikut cara yang bisa ditempuh:

Ilustrasi iPhone 6Cara menggunakan fitur share live location di perangkat iPhone  adalah memilih menu berlogo + pada bawah kolom chat (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)
  1. Buka chat individu atau grup yang hendak dibagikan lokasi
  2. Ketuk lampirkan "+" pada bagian bawah kolom chat
  3. Kemudian pilih "Lokasi", selanjutnya pencet "Bagikan Lokasi Terkini"
  4. Pilih periode waktu berbagi lokasi, selain itu pengguna juga bisa menambahkan komentar
  5. Kemudian ketuk "Kirim" pada layar iPhone

Bila ingin berhenti share location tadi, berikut cara yang bisa dilakukan:

  1. Buka chat pada tempat mengirim lokasi tadi
  2. Ketuk "Berhenti Berbagi", kemudian "Berhenti Berbagi"

Pengguna juga bisa berhenti berbagi lokasi pada beberapa akun sekaligus dengan cara:

  1. Buka Pengaturan WhatsApp kemudian masuk pada "Akun", lalu pilih "Privasi", kemudian ke "Lokasi Terkini"
  2. Ketuk "Berhenti Berbagi"

Itu adalah cara menggunakan fitur share live location di WhatsApp melalui Android atau iPhone. Pengguna bisa berhenti memberi akses lokasi pada WhatsApp dengan masuk pada bagian "Setting" atau "Pengaturan Telepon".

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]