Kaset Langka Gim Super Mario 1985 Berhasil Dijual Rp2 M

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 00:33 WIB
video game Super Mario Bros Kaset Super Mario dibeli seseorang dengan harga Rp2 miliar. (Foto: Heritage Auctions)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah lelang seni dan koleksi terbesar Amerika Serikat, Heritage Auctions berhasil menjual kaset langka gim Super Mario kepada seorang anonim sebesar US$144 ribu atau sekitar Rp2 miliar (US$1 = Rp14.345).

Kaset langka Super Mario itu pertama kali dirilis pada 1985 yang diperuntukkan untuk gim konsol Nintendo Entertainment System yang populer pada zamannya.

Menurut keterangan resmi Heritage Auctions dikutip CNN, Selasa (14/7), penawaran terhadap kaset Super Mario itu telah memecahkan rekor untuk penjualan video gim termahal.


Angka penjualan melampaui salinan video gim Super Mario lain yaitu seharga US$100.150 pada Februari 2019.

Alasan mengapa kaset Super Mario itu sangat mahal karena kotak yang digunakan untuk membalut kaset terbuat dari plastik shrink wrap. Plastik ini terbuat dari film plastik polimer.

"Permintaan untuk permainan ini (Super Mario) sangat tinggi dan wajar jika penjualan bisa mencapai angka seperti itu," kata Direktur Video Game Heritage Auctions, Valarie McLeckie.

Selain gim Super Mario, Heritage Auctions berhasil menjual Sega Pluto-02 Console Prototype seharga US$84000 atau sekitar Rp1,2 miliar.

Lalu ada juga gim Punch-Out Mike Tyson yang dirilis tahun 1987 di AS terjual seharga US$50.400 atau sekitar Rp722 juta dan Super Mario Bros 3 yang dirilis tahun 1990 seharga US$38.400 atau sekitar Rp550 juta.

Menyoal singkat gim Super Mario Bros, permainan ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System.

Banyak kalangan menilai bahwa Super Mario Bros dianggap sebagai pelopor permainan untuk media konsol. Tujuan permainan ini adalah untuk menjelajahi Kerajaan Jamur, menghancurkan dan melawan prajurit Bowser, serta menyelamatkan Putri Toadstool di akhir permainan.

Permainan ini terdiri dari 8 tingkatan dengan 4 sub tingkat masing-masingnya. Musuh-musuh dalam permainan ini dihancurkan dengan menginjak sambil melompat.

Lalu Mario akan mendapat koin dan bonus lain dengan menyundul balok yang disematkan simbol '?' atau tanda tanya. Untuk menambah tenaga Mario, pemain harus mendapatkan jamur berwarna merah.

(din/mik)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT