Ketua MPR Dukung Lahirnya Area Industri Modifikasi Otomotif

CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 04:31 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat melakukan kunjungan ke kantor PBNU. Jakarta, Rabu, 27 November 2019. Ketua MPR Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung lahirnya kawasan industri otomotif. Dia menjelaskan perkembangan usaha modifikasi otomotif punya peran positif pada perkembangan perekonomian Indonesia.

Dukungan itu disampaikan saat menerima kunjungan pengurus organisasi olahraga otomotif Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Senin (13/7). Pengurus IMI yang hadir di antaranya Ketua Umum Sadikin Aksa, Ketua Badan Pengawas Boy Haryanto Joedo, Sekretaris Jenderal Jeffrey, serta Direktur Sprint dan Rally Rifat Sungkar.

Menurut Bamsoet modifikasi otomotif adalah bagian dari perkembangan ekonomi kreatif. Kemajuannya dirasa potensial apalagi orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu penggemar motor modifikasi.


Bamsoet juga bilang usaha modifikasi otomotif termasuk dalam lima turunan sektor manufaktur yang menjadi prioritas Jokowi untuk memasuki era Revolusi 4.0.

Selain itu usaha modifikasi otomotif juga salah satu wujud UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang mampu membuka banyak lapangan kerja dan menggairahkan perekonomian.

Jumlah penduduk usia muda di Indonesia dikatakan sebagai kunci menjadi pemain utama dalam usaha modifikasi otomotif di dunia.

Bamsoet menyebut perputaran uang di segmen modifikasi mencapai ratusan miliar per tahun.

Dia mencontohkan pada acara Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 yang dikunjungi 22 ribu orang mencatatkan nilai transaksi Rp3,8 miliar, sedangkan penyelenggaraan tahun ini pada Oktober ditargetkan Rp4 miliar dan 25 ribu pengunjung.

"Belum lagi ditambah dari ajang serupa di berbagai daerah. Bidang usaha ini termasuk yang mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan," ujar Bamsoet, melalui keterangan resmi.

[Gambas:Instagram]

Kata Bamsoet kualitas motor modifikasi di Indonesia sudah diakui pakar dari negara lain, salah satunya asal Amerika Serikat, Shige Suganuma.

"Pengakuan tersebut menunjukkan bahwa usaha modifikasi otomotif Indonesia sudah mendapat pengakuan dunia. Sebelumnya, para pemerhati otomotif dari Jepang, Italia, dan Prancis juga telah memberikan pengakuan serupa," ucap Bamsoet.

Bamsoet dikenal sebagai pecinta otomotif, dia juga diketahui menghadiri IMX pada 2018. Sejumlah mobil yang dimiliki di garasinya yakni Ferrari California, Rolls-Royce Phantom, Hummer H2, Bentley Mulsane, hingga beberapa Harley Davidson.

Mantan Ketua DPR RI ini juga penggemar mobil listrik Tesla, dia punya tiga model yaitu Model X, Model S, dan Model 3. Bamsoet juga menjabat sebagai Executive Advisor Tesla Club Indonesia.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK