Cara Menghilangkan Iklan di YouTube

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 14:26 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the world's most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005 Ketahui cara menghilangkan iklan di YouToube agar tak sering muncul dan memotong video yang sedang ditonton. (Foto: Istockphoto/pressureUA)
Jakarta, CNN Indonesia --

YouTube adalah salah satu platform menonton video terpopuler di dunia. Tercatat ada jutaan orang yang mengakses platform asal Amerika itu di setiap harinya.

Tingginya pengakses situs YouTube menjadi ladang subur bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang melalui iklan yang diselipkan di video-video mereka. Kontras bagi penonton, justru iklan tersebut acap mengganggu aktivitas streaming atau menonton video. Sehingga penonton sering mencari cara menghilangkan iklan di YouTube agar tak sering muncul dan memotong tayangan.

Dalam situs YouTube tersedia banyak video yang berasal dari para kreator di seluruh penjuru dunia. Dari anak bawah lima tahun (balita) hingga orang dewasa bisa mengakses layanan streaming video online dan punya peluang untuk publikasi konten.


Youtube untuk anak-anakIlustrasi Youtube for Kids (Foto: Trisno Heriyanto)

Sudah bukan rahasia umum bahwa banyak orang yang kini menggantungkan hidup pada YouTube, sebab setiap konten di YouTube dianggap bisa menghasilkan uang secara instan. Kreator atau pengunggah konten bisa mendapatkan uang jika memonetisasi akun.

Namun karena alasan itu, iklan jadi kerap silih berganti dan malah membuat penonton frustrasi. Terdapat 3 cara menghilangkan iklan di YouTube, yakni dengan aplikasi, upgrade ke akun premium, dan dihilangkan oleh kreator sendiri. Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Iklan di Youtube dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang kerap muncul pada video di YouTube, bahkan cara ini bisa menghambat munculnya iklan pada platform lain.

Aplikasi pemblokir iklan, antara lain:

  • Addblock untuk Youtube
  • AdAway
  • Addlock
  • Clario

Keempat aplikasi ini dapat diunduh di web atau perangkat smartphone. Tinggal ikuti langkah-langkah pada aplikasi tersebut, dan baca syarat serta ketentuan yang ada.


Cara Menghilangkan Iklan YouTube dengan Akun Premium

Cara menghilangkan iklan di Youtube yang satu ini adalah yang paling mudah dilakukan. Pengguna akan dikenakan biaya Rp59.000 setiap bulannya.

Youtube Ubah Tampilan Tab Trending Jadi Explore untuk Pengguna Android dan iOSCara menghilangkan iklan di Youtube dengan akun premium cukup membayar Rp59 ribu per bulan (Foto: Youtube)

Kendati begitu, YouTube memberikan akses free trial atau mencoba gratis pada bulan pertama. Tujuh hari sebelum masa percobaan gratis berakhir, YouTube akan memberikan informasi pada pengguna bahwa akan segera mendapat beban biaya pada bulan selanjutnya.

Selain bebas iklan pengguna juga mendapat beberapa fasilitas setelah mendaftar akun premium, seperti:

  • Bebas iklan dan dapat sambil menggunakan aplikasi lain saat membuka aplikasi Youtube di smartphone
  • Pengguna juga bisa mengunduh video yang telah atau hendak ditonton. Bisa dibuka ketika offline atau tidak ada internet.
  • Mendapat akses Youtube music premium, pengguna dapat mengunduhnya, lalu secara otomatis bisa sekaligus mendapat akses premium pada aplikasi ini seperti Joox atau Spotify.

Pengguna yang segera habis masa percobaan gratis dapat membatalkan perpanjangan akses Youtube Premium, dengan demikian secara otomatis akses-akses seperti di atas tidak akan ada lagi.


Cara mendapatkan akses Youtube Premium:

  • Masuk pada aplikasi Youtube di android atau Personal Computer (PC)
  • Masuk pada bagian profil di sudut kanan atas
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi, pilih menu "Langganan"
  • Di sana ada promo awal yakni promo Youtube Premium Keluarga
  • Kemudian tekan "Pelajari Lebih Lanjut"
  • Selanjutnya pilih "Paket keluarga atau Perorangan"
  • Muncul cara pembayaran dan lain, pilih metode pembayaran. Setelah selesai maka Youtube Premium aktif

YouTube juga memberikan paket promo keluarga. Pengguna dapat mengundang hingga lima anggota. Syaratnya adalah seluruh anggota harus berusia 13 tahun ke atas, memiliki akun Google, dan tinggal serumah.

Harga untuk promo ini adalah sebesar Rp89.000 per bulan. YouTube juga memberi free trial pada promo ini, selain itu ada juga promo untuk pelajar yang berbiaya Rp39.000 per bulan.


Cara Menghilangkan Iklan di YouTube oleh Kreator

Selain kedua cara di atas, cara lain supaya video yang diputar tidak ada iklan adalah dengan cara kreator atau pengunggah konten tidak mengaktifkan iklan.

Berikut adalah cara bagi kreator yang ingin memberi kemudahan bagi penonton agar tidak terganggu dengan iklan di video:

  • Klik gambar profil di sudut kanan atas, kemudian pilih "Youtube Studio"
  • Lalu, pada menu sebelah kiri klik "video"
  • Pilih video yang ingin di non-aktifkan iklannya
  • Selanjutnya di menu sebelah kiri, klik "monetisasi"
  • Di atas kotak "Monetisasi" tadi klik "nonaktif" kemudian pencet "terapkan"
  • Terakhir, di bagian kanan atas, klik "Simpan"

Setelah melakukan cara menghilangkan iklan di YouTube ini kreator telah membantu penonton untuk tidak terganggu iklan, namun perlu dicatat, apabila fitur ini diaktifkan kreator tidak bisa mendapatkan uang dari kontennya.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]