Sempat Tertunda, Supercar Hidrogen Kejutkan AS Bulan Depan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 12:05 WIB
Supercar Vuhl Ilustrasi. (Foto: Courtesy Vuhl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski sempat tertunda, Hyperion Motors bakal mengejutkan penggemar supercar pada bulan depan dengan meluncurkan supercar di Amerika Serikat. Mobil ini menyuguhkan mesin dengan teknologi bahan bakar hidrogen yang diklaim lebih ramah lingkungan.

Mobil seharusnya meluncur pada New York Auto Show digelar pada April 2020, namun terpaksa ditunda imbas pandemi corona (Covid-19).

"Kami sangat bersemangat meluncurkan Hyperion ke dunia sehingga kami dapat mendidik masyarakat tentang manfaat mobil bertenaga hidrogen," kata CEO Hyperion Motors Angelo Kafantaris mengutip engadget, Rabu (15/7).


Perusahaan baru memamerkan gambar penggoda mobil tersebut, namun terlihat masih sebatas siluet sehingga bentuk utuhnya belum terlihat utuh tanpa menyertakan data spesifikasinya.

Dalam situs resmi perusahaan, Hyperion didirikan pada 2011 sebagai perusahaan teknologi dan energi yang terdiri dari tiga divisi yakni Hyperion Energy, Hyperion Motors, dan Hyperion Aerospace.

Berbasis di Orange, California, Amerika Serikat, Hyperion bertekad merevolusi industri transportasi dengan menawarkan bahan bakar hidrogen, berkualitas tinggi, dan murah di seluruh Amerika.

Autoblog pernah menuliskan produk Hyperion sedang dikembangkan bersama NASA untuk memberikan beberapa teknologi paling canggih di Bumi pada suatu kendaraan.

Selain Hyperion, sejumlah produsen juga sedang mengerjakan proyek mobil 'monster' berbahan bakar hidrogen.

Misalnya Pininfarina menciptakan konsep H2 Speed untuk perusahaan Prancis Green GT pada 2016. Kemudian ada Roland Gumpert dari Apollo mengungkap mobil sport Nathalie dengan kecepatan 299 km per jam. yang berkapasitas 186 mil per jam. Mobil itu menggunakan sel bahan bakar metana. 

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA