Grab Digitalkan UMKM Palembang Lewat Program #TerusUsaha

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 20:23 WIB
Grab Grab membantu digitalisasi UMKM Palembang menyambut new normal. (Dok.Grab)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grab hari ini melanjutkan program #TerusUsaha di Kota Palembang. Program ini berfokus pada percepatan pertumbuhan dan transformasi digital ratusan ribu UMKM Palembang agar siap menghadapi era new normal pasca-Covid-19.

Sebagai program yang mendukung inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah pusat, program #TerusUsaha mencakup 4 solusi, yaitu akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM. Kemudian memberikan iklan gratis untuk
membantu UMKM meningkatkan visibilitas secara online agar dapat meningkatkan penjualan, serta aplikasi khusus untuk digitalisasi usaha.

Selain itu, Grab juga meluncurkan microsite www.grabforgood.id yang dirancang khusus bagi UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka.


Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya mengatakan program ini merupakan keberlanjutan dari inisiatif Grab dalam mendorong bisnis kecil dan tradisional untuk merangkul teknologi agar tidak tertinggal dalam era digital.

"Program #TerusUsaha yang merupakan bagian dari komitmen jangka panjang GrabForGood ini kami hadirkan di Palembang untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan jangkauan bagi UMKM serta individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital, agar ekonomi kota juga dapat terjaga," ujar Richard melalui keterangan resmi, Kamis (16/7).

Terlebih, lanjut Richard, terbatasnya akses pasar menjadi salah satu hambatan berkembangnya UMKM di Palembang. Hal inilah yang mendorong pihaknya untuk mempersiapkan UMKM ke digitalisasi dan pembinaan lewat program Terus Usaha di Kota Palembang. Tujuannya tak lain agar UMKM dan para gig workers turut berkontribusi pada perekonomian setempat.

"Pekerja lepas dan UMKM menjadi kunci utama untuk memastikan masyarakat dapat mempertahankan mata pencaharian mereka, terutama dalam periode ekonomi yang kian menantang pada masa mendatang. Namun, masa krisis ini juga memperlihatkan bagaimana UMKM dapat menjadi amat rentan."

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Selatan Musiawati mengapresiasi program #TerusUsaha untuk mendukung kemajuan UMKM di Palembang.

"Kami ucapkan terima kasih bagi Grab Indonesia, melalui program #TerusUsaha dapat membantu digitalisasi UMKM Sumatera Selatan dengan lebih baik. Saya juga sangat senang bahwa Grab berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan memastikan bahwa UMKM juga terlibat dalam ekonomi digital melalui #TerusUsaha," ujarnya.

Musiawati menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selalu mendukung pertumbuhan UMKM lokal, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, ia membuka kesempatan bagi pihak mana pun termasuk Grab asalkan memberi dampak pertumbuhan ekonomi Palembang yang lebih baik.

"Perlu ada dukungan lebih bagi pelaku UMKM, mengingat mereka menjaga roda perekonomian dapat terus berputar. Pandemi ini juga menunjukkan bahwa digitalisasi menjadi sangat penting dan sudah terbukti UMKM digital tetap bisa beroperasi di masa PSBB."

(fef)

[Gambas:Video CNN]