Dua Astronaut Crew Dragon SpaceX Kembali ke Bumi 2 Agustus

CNN Indonesia | Sabtu, 18/07/2020 19:25 WIB
A SpaceX Falcon 9, with NASA astronauts Doug Hurley and Bob Behnken in the Crew Dragon capsule, lifts off from Pad 39-A at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Saturday, May 30, 2020. The two astronauts are on the SpaceX test flight to the International Space Station. For the first time in nearly a decade, astronauts blasted towards orbit aboard an American rocket from American soil, a first for a private company. (AP Photo/David J. Phillip) Dua astronaut Amerika Serikat Bob Behnken dan Doug Hurley dikabarkan akan kembali ke Bumi dari ISS pada 2 Agustus 2020.(AP/David J. Phillip).
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua astronaut Amerika Serikat Bob Behnken dan Doug Hurley dikabarkan akan kembali ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). NASA menyebut keduanya akan berangkat dari ISS tanggal 1 Agustus 2020.

Behnken dan Hurley diketahui tiba di ISS dengan menaiki kapsul Crew Dragon buatan SpaceX pada 30 Mei 2020. Keduanya menjadi astronaut pertama yang tiba di ISS dengan kapal ruang angkasa komersial.

"Splashdown (pendaratan ke Bumi) ditargetkan pada 2 Agustus. Cuaca akan menentukan tanggal yang sebenarnya," kata Administrator NASA Jim Bridenstine lewat Twitter dikutip dari AFP, Sabtu (18/7).


Kepergian Behnken dan Hurley merupakan misi perdana pesawat ruang angkasa dengan awak yang diluncurkan dari AS sejak terkahir terjadi 2011, ketika program pesawat ulang-alik berakhir. Sebelum misi itu terwujud, para astronaut AS melakukan perjalanan dengan roket Rusia.

Peluncuruan Crew Dragon dari ISS akan menjadi misi pertama kapsul SpaceX melakukan perjalanan ke Bumi bersama para astronaut, setelah berhasil menyelesaikan uji coba kembali ke bumi pada Maret 2019.

Melansir CNBC, kapsul Crew Dragon yang ditumpangi Behnken dan Hurley akan mendarat di Atlantik, seperti kapsul Apollo pada 1960-an dan 1970-an.

Sebelum misi sebenarnya terwujud, NASA berencana untuk meninjau data dari misi Demo-2 secara menyeluruh, sebuah proses yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar enam minggu.

Jika misi itu berhasil, Crew Dragon rencananya akan secara teratur mengirim empat orang astronaut ke ISS. Sebab, misi saat ini yang dinamai Demo-2 hanya dianggap sebagai uji terbang.

Sedangkan misi luar angkasa sebenarnya yang bernama Crew-1 kemungkinan akan dilakukan pada pertengahan September 2020. Kemungkinan adanya misi Crew-1 terlihat dari kedatangan roket Falcon 9 di fasilitas pemrosesan SpaceX di Florida.

Kabarnya, roket itu sedang menjalani persiapan akhir untuk misi tersebut.

(pjs/age)

[Gambas:Video CNN]